Berita PERISTIWA 

Novel Lelaki Harimau Eka Kurniawan Jadi Nomine Man Booker Prize 2016

Novel Lelaki Harimau (Man Tiger) karya penulis Indonesia, Eka Kurniawan, menjadi nominasi penghargaan buku terkenal Inggris, The Man Booker Prize 2016. Situs resmi The Man Booker International Prize mengumumkan novel karya Eka Kurniawan itu masuk dalam daftar pertama nominasi bersama 13 buku karya penulis dari berbagai negara.

Dewan juri telah memilih 13 buku tersebut dari 155 novel dari 12 negara dengan sembilan bahasa berbeda, termasuk novel A Strangeness in My Mind karya peraih Nobel sastra asal Turki, Orhan Pamuk.

Dalam wawancara dengan wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, penulis kelahiran 1975 di Tasikmalaya, Jawa Barat, ini mengaku menerima informasi itu dari pesan tertulis yang dikirimkan teman-temannya pada Kamis (10/03) pagi. “Teman-teman saya kirim SMS tadi pagi ketika saya antar anak saya sekolah,” kata Eka yang novel-novelnya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa

Novel Lelaki Harimau (2004) berkisah tentang kasus pembunuhan di sebuah kota kecil. Sang pelaku pembunuhan membantah dirinya membunuh tetangganya. “Bukan aku yang melakukannya,” ia berkata dan melanjutkan, “Ada harimau di dalam tubuhku,” demikian potongan percakapan dalam novel itu. “Ini novel campur aduk, ada novel psikologi, tapi di saat yang sama, ada aspek mitologi manusia harimau, ada metafora tentang politik,” tutur Eka.

Eka Kurniawan adalah penulis Indonesia pertama yang masuk nominasi penghargaan ini. Eka telah menulis empat novel yaitu Cantik Itu Luka (2002), Lelaki Harimau (2004), Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2014), serta O (2016).
Selain novel, Eka juga menulis cerita pendek. [BBC.COM]

Related posts

Leave a Comment

ten + 17 =