Kemah Sastra Tangerang Raya

Agenda Berita

Litera- Kemah sastra Tangerang raya akan diadakan di pakuhaji, Mauk, kabupaten Tangerang. Kemah sastra yang dihelat oleh Saung Sastra Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang ini akan melibatkan para seniman dan budayawan juga pegiat sastra di tiga wilayah Tangerang seperti kabupaten Tangerang, kota Tangerang dan kota Tangerang Selatan.

Ketua panitia acara, Agus Soni S mengatakan bahwa acara ini sebenarnya telah diagendakan sejak awal tahun 2015 kemarin namun baru bisa terealisasi tahun ini.

“Awal tahun lalu, tepatnya bulan Januari 2015, Saung Sastra mengadakan acara yang mengundang beberapa teman pegiat sastra. saat itu kita telah merencanakan acara kemah sastra ini, namun karena beberapa faktor baru bisa terealisasi tahun ini,” ujar Agus yang juga merupakan seorang kepala sekolah di SMPN 3 di Tangerang, selain dikenal sebagai penulis puisi.

Sementara itu Rini Intama, pegiat Saung Sastra saat dihubungi awak Litera menuturkan jika tujuan umum kegiatan ini adalah sebagai pertemuan dan silaturahmi para seniman, penulis, sastrawan, dan pegiat serta pecinta sastra se-Tangerang raya.

“Selain itu yang menjadi tujuan khusus kegiatan ini adalah untuk meningkatkan antusiasme generasi muda terhadap karya sastra, menumbuhkan rasa ketertarikan terhadap karya sastra, meningkatkan minat membaca, dan untuk menggali potensi dan kreatifitas generasi muda melalui karya sastra,” terang Rini yang bertindak sebagai sie acara di kemah sastra ini.

“Akan ada tiga agenda di acara ini nanti, pertama temu sastrawan di bumi Tangerang, artinya teman-teman bisa saling temu kangen di sini. Kedua pertunjukan sastra seperti baca puisi, musikalisasi puisi, teatrikal dan juga diskusi sastra. Ketiga adalah lomba membaca puisi tingkat SMP,” lanjut Rini yang juga seorang penyair dan novelis dan belum lama ini baru meluncurkan sebuah novel. Rini juga mengatakan jika kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Drs. H. teteng Jumara, M.M, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. Teteng Jumara dikenal sebagai seorang birokrat yang sangat mencintai sastra, bahkan Teteng juga pernah menerbitkan buku kumpulan puisi tunggal selain antologi bersama.

Secara terpisah Drs. H. Shobir purwanto, ketua Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) saat bertandang ke Litera bersama Eko Cahyo Widianto, ketua komite film DKTS mengatakan bahwa ia sangat menyambut baik acara kemah sastra ini.

“Saya dan teman-teman pengurus DKTS akan hadir. Kita akan berangkat bersama-sama dari sekretariat DKTS, tapi sebelumnya kami akan ada giat di Kebon Nanas dahulu menghadirii pengajian di tempat penyair Wowok Hesti Prabowo” ujar penyair sufistik ini yang diamini oleh Eko.

Setidaknya 100 pegiat sastra diharapkan akan hadir dan memeriahkan acara kemah sastra yang rencananya akan dibuka oleh Bupati Tangerang, H Ahmed Zaki Iskandar Zulkarnain M.Bus. Tema yang diusung adalah Semangat Bersastra Menumbuhkan Kecintaan Pada Karya Sastra Indonesia.

Acara kemah sastra ini akan berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 13 dan 14 Agustus atau pada hari Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00-selesai bertempat di kampung Buaran Mangga, pakuhaji, Tangerang.

 

Mahrus Prihany

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *