DKTS Agendakan Sejumlah Kegiatan

16864996_1593829590631915_8274628016779095206_n

Litera.co.id (Tangsel)- Ketiadaan dana hibah untuk operasional kegiatan dan kerja Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) tak menyurutkan semangat para pegiat seni dan sastra di DKTS untuk tetap menggelar sejumlah kegiatan seni. Pada tahun 2016 lalu puluhan kegiatan bisa dihelat oleh DKTS meski dana belum juga turun padahal DKTS telah mengadakan rapat kerja pada tahun lalu. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan oleh DKTS secara mandiri dan sebagian besar bekerja sama dengan lembaga dan komunitas lain.

Ketua umum DKTS, H. Shobir Poer memberikan keterangan di rapat pengurus DKTS pada hari rabu malam (22/2) bahwa setidaknya 30 lebih item kegiatan telah diselenggarakan baik dalam lingkup Tangsel dan di luar tangsel. Dalam skala kegiatan yang agak besar adalah workshop puisi untuk guru-guru di Tangsel baik guru SMP dan SMA/SMK, peluncuran buku antologi dan malam budaya, workshop budaya untuk para pegiat sastra yang bekerja sama dengan beberapa lembaga.

Rapat yang diadakan di rumah bendahara umum DKTS tersebut dihadiri sebagian besar pengurus DKTS seperti Eko Cahyo, Atte Nabila, Eni Zhu, Sys Paindow, Rita Puspitasari, Samodro, Zaenal Radar, Agus Grave, hadir juga mantan ketua umum DKTS periode lalu, Agam Pamungkas. Tak adanya sekretariat untuk DKTS memang membuat rapat sering diadakan di rumah pengurus dan sering diadakan di rumah bendahara umum.

“Saya telah menghubungi beberapa pengusaha dan lembaga juga komunitas agar kegiatan seni dan sastra yang telah kita rapatkan di Raker tahun lalu bisa berjalan. Kita harus optimis agar kegiatan seni dan sastra ini bisa berjalan seperti tahun lalu,” tutur H. Shobir Poer atau HSP di depan teman-teman yang hadir di pertemuan tersebut.

“Setidaknya ada sejumlah kegiatan yang harus kita jalankan tahun ini,” lanjut HSP. Kegiatan tersebut sesungguhnya memang telah diagendakan dan sebagai bentuk pelaksanaan dari program kerja tahun 2017 ini. Berikut agenda-agenda tersebut.

 

  1. Festival budaya
  2. Workshop sastra
  3. Poetry camping (kemah puisi)
  4. Festival film
  5. Festival teater
  6. Pameran lukisan
  7. Rapat pleno DKTS

 

Sebagian besar kegiatan tersebut akan dilaksanakan dengan beberapa lembaga. Sementara rapat pleno akan diadakan untuk evaluasi kepengurusan internal DKTS. Beberapa pengurus DKTS memang tak bisa aktif di strukur karena beberapa faktor. Selain itu juga untuk mengakomodir beberapa pegiat seni di Tangsel yang ingin turut bergiat di DKTS.

Sekjen DKTS, Andi Suandy juga sangat optimis jika agenda tersebut dapat terealisasi seperti tahun lalu. Andi yang juga dikenal sebagai pelukis ini akan mengadakan pameran lukis dalam waktu dekat ini.

“Saya dan beberapa teman pelukis telah menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pameran lukisan. Dalam waktu dekat ini pameran lukisan yang melibatkan beberapa pelukis Tangsel akan digelar di bilangan BSD,” jelas Andi.

Sementara beberapa komite lain juga telah menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan kegiatan ini. Pertemuan yang dimulai dari sebelum maghrib tersebut ditutup pada pkl 22.00 dengan ditemani konsumsi tradisional seperti singkong rebus dan goreng beserta pisang rebus hangat. (Mahrus Prihany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *