Berita 

Jabar Gelar Jambore Sastra 2017

Litera.co.id (Bogor)- Dari Bumi Tegar Beriman, “Susastra Mempererat Bangsa.”  Komunitas Seni Budaya Jawa Barat (KOSA JABAR) akan menggelar Jambore Susastra tingkat Provinsi Jawa Barat di Bogor pada bulan Agustus mendatang. Kegiatan ini diisi dengan acara kemah sastra, pementasan seni, seminar, wisata budaya, peluncuran buku, dan bazar buku.

Jambore Susastra tingkat Jawa Barat 2017 berlangsung tanggal 25-27 Agustus dan akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat. Jambore Susastra Jabar 2017 lebih difokuskan kepada bidang puisi dan cerpen, dengan tujuan untuk menggairahkan dunia sastra Indonesia umumnya, Jabar khususnya.

Untuk para sastrawam yang ingin mengikuti dan berpartisipasi pada Jambore Susastra se-Jabar ini diharapkan mengirimkan karyanya ke panitia mulai 15 juni – 20 juli. Karya tersebut nantinya akan dibukukan dan diluncurkan, sekaligus dibedah dan didiskusikan pada saat kegiatan.

Acara ini rencananya akan turut dimeriahkan pembacaan puisi oleh Sutardji Chalzoum Bachri, Taufik Ismail, Sapardi Djoko Damono, L.K Ara dan Peserta Jambore. Musikalisasi Puisi oleh Rafly Kande, Mustafa Debu, Rumah Budaya Putra Gara, Gaung Merah Putih dan Pakandang Gola. Untuk Workshop dan Seminar diantaranya kementrian terkait ada Ditjen Kebudayaan Hilmar Farid , Maman S Mahayana, Hermawan Aksan, Putra Gara, Ismail Lutan dan Tora Kundera.

Syarat untuk peserta jamboree Susastra Jabar 2017 adalah mengirimkan naskah cerpen atau puisi dan dikirim ke email panitia: kosajabar@gmail.com atau garaputra@yahoo.com

Karya cerpen akan dibukukan dalam Kumpuan Cerpen, karya puisi akan dibukukan dalam Kumpulan Puisi.

 

Adapun syarat pengiriman naskah:

 

  1. Cerpen

 

  1. Cerpen adalah karya asli
  2. Belum pernah dipublikasin sebelumnya
  3. Minimal 1 Cerpen
  4. Tema bebas
  5. Panjang naskah bebas
  6. Bahasa Indonesia

 

      2. Puisi

  1. Puisi adalah karya asli
  2. Belum pernah dipublikasin
  3. Minimal 3 Puisi
  4. Tema bebas
  5. Bahasa Indonesia

Pengarang dipersilakan memilih salah satu diantaranya (tidak diperkenankan mengikuti keduanya). Naskah yang masuk akan diseleksi oleh tim (kurator) dan dinyatakan lolos akan mendapatkan hak-hak kepengarangannya, serta mengikuti acara Jambore Susastra Jabar 2017.

Kosa Jabar adalah komunitas kesenian yang didirikan para seniman, pegiat/aktivis kesenian dan wartawan peduli budaya di Jawa Barat. Sekretariat : Jl. Sirojul Munir no.2 (Jl Akses Pemda, Kabupaten Bogor), Cibinong. (R)

Related posts

Leave a Comment

11 + 17 =