Penyair Darmanto Jatman Meninggal Dunia

IMG-20180114-WA0011-001

SEMARANG (Litera.co.id) – Penyair dan budayawan nyentrik Darmanto Jatman meninggal dunia pada Sabtu (13/1), pukul 17.00 WIB, di Rumah Sakit Umum dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah, ia meninggal dunia di usia 75 tahun.

Darmanto Jatman dilahirkan di Jakarta pada 16 Agustus 1942. Selain dikenal sebagai penyair dan budayawan, Darmanto Jatman juga merupakan Guru Besar emiritus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Darmanto Jatman pernah mengajar dan menjadi pendiri Fakultas Psikologi, ia mengajar dengan mata kuliah Psikologi Sosial.

Sebelum dimakamkan, jenazah Darmanto Jatman akan disemayamkan terlebih dahulu di auditorium Undip Pleburan. Tokoh senior di bidang sastra tersebut akan dimakamkan di pemakaman Universitas Diponegoro pada Senin (15/1) besok.

Karya-karyanya mengantar Darmanto Jatman mendapat sejumlah penghargaan antara lain The SEA Write Award pada tahun 2002, Anugerah Satyalencana Karya Satya pada tahun 2002, dan Anugerah Satyalencana Kebudayaan dari pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2010. (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *