YHPI Adakan Lomba Baca Puisi Digital

Berita

(Jakarta) Litera.co.id. Yayasan Hari Puisi Indonesia (YHPI) mengadakan LOMBA BACA PUISI DIGITAL Puisi sebagai Digniti dan Ekspresi Kecendekiaan. Lomba ini berlaku untuk umum dan YHPI akan memberi apresiasi sejumlah hadiah berupa uang tunai. Berikut persyaratan dan ketentuan akan lomba tersebut.

 

  1. Dasar Pemikiran Puisi pada hakikatnya adalah representasi sikap dan pemikiran seorang humanis. Ia merupakan produk kreativitas, diwujudkan dalam bentuk bahasa yang padat, kemas dan metaforis.

Para leluhur kita sesungguhnya adalah penyair alam. Mereka menciptakan puisi dalam bentuk peribahasa, bidal, petatah-petitih, mantra dan lain-lain. Dalam perkembangannya para penyair perintis menciptakan puisi untuk pencerdasan dan penyadaran sebagai bangsa yang heterogen, kaya budaya, religius dan menghormati sesama manusia sebagai makhluk yang bebas dan merdeka. Puncak dari perjuangan mereka terwujud pada puisi besar yang berjudul Sumpah Pemuda.

Berkaitan dengan dasar pemikiran itu, Yayasan Hari Puisi mencoba menempatkan posisi, fungsi dan peranan puisi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, dengan mengusung tema “Puisi sebagai Digniti dan Ekspresi Kecendekiaan” kami mengundang siapapun yang memiliki kecintaan pada puisi untuk mengekspresikan dignifi dan kecendekiaannya dalam bentuk seni membaca puisi digital.

 

2. Persyaratan Umum

a. Peserta adalah Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Identitas (KTP, Kartu Pelajar, SIM, Surat Keterangan Sekolah, Kartu Mahasiswa)

b. Peserta tidak dibatasi usia.

c. Peserta yang belum pernah terlibat atau yang pernah menjuarai lomba sejenis diperbolehkan mengikuti lomba ini.

d. Pengurus Yayasan Hari Puisi tidak dizinkan mengikuti lomba ini

 

3. Persyaratan Khusus

a. Peserta merekam pembacaan puisi dari puisi yang telah ditentukan panitia

b. Rekaman pembacaan puisi dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel, Kamera Digital atau media apapun dengan kualitas dan pencahayaan yang memadai.

c. Durasi pembacaan puisi maksimal lima menit dengan resolusi rekaman minimal 100 Mb, full HD.

d. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu rekaman dengan puisi yang berbeda

e. Peserta diwajibkan berlangganan (subscribe) akun resmi Youtube Hari Puisi Indonesia (link)

f. Peserta diwajibkan membagikan pengumuman ini ke paling sedikit lima orang dengan menandai Yayasan Hari Puisi di media sosial (Facebook, Instragram, Twitter)

g. Peserta mengirimkan hasil rekaman pembacaan puisinya ke pos-el infoharipuisi@gmail.com dan mengunggah (upload) pada google drive yang disediakan melalui link pos-el itu dengan subyek nama dan judul puisi.

h. Peserta melampirkan biodata ringkas disertai alamat lengkap dan nomor ponsel di halaman terpisah menggunakan MS Word dan melampirkan bukti transfer donasi adminitrasi ke pos-el infoharipuisi@gmail.com

i.Untuk mengikuti lomba ini peserta diwajibkan mentransfer donasi administrasi sebesar Rp. 20.000 (dua ribu rupiah) ke rekening Yayasan Hari Puisi ….

j. Hasil rekaman pembacaan puisi akan diunggah panitia di akun resmi Youtube Hari Puisi Indonesia setelah semua persyaratan terpenuhi dan peserta diwajibkan membagikanya.

 

4. Tanggal-Tanggal Penting

a. Pendaftaran Lomba, April – Agustus

b. Pengunggahan Rekaman Pembacan Puisi, April – Agustus Setelah dinyatakan memenuhi persyaratan

c. Penjurian Tahap satu, 1 – 15 September

d. Penjurian Tahap dua, 18 – 30 September

e. Pengumuman pemenang pada puncak perayaan Hari Puisi Indonesia 2019

 

5. Dewan Juri Dewan juri terdiri dari juri tahap satu dan juri tahap dua. Adapun juri tahap satu adalah berikut ini :

1. Arief Hasibuan

2. Danny Susanto

3. Bastian Zulyeno

4. Sofyan R.H Zaid

5. Hanna Fransisca

 

Juri tahap dua

  1. Abdul Hadi WM
  2. Ahmadun Yosi Herfanda
  3. Asrizal Nur
  4. Maman S Mahayana
  5. Sutardji Calzoum Bachri

 

6. Hadiah dan Penghargaan Dewan juri akan memilih tiga pemenang dan dua puluh pemenang favorit.

Juara 1 – Rp. 15.000.000 + Piala + Sertifikat

Juara 2 – Rp. 10. 000.000 + Piala + Sertifikat

Juara 3 – Rp. 5.000.000 + Piala + Sertifikat

20 Pemenang Favorit masing-masing Rp. 1.000.000 + Sertifikat Pemenang 1, 2 dan 3 akan diundang untuk membaca puisi pada puncak perayaan HPI 2019 di Jakarta.

 

Kriteria Penjurian Dewan Juri, baik juri tahap satu maupun tahap dua akan memilih dan menilai rekaman pembacaan puisi yang diunggah di akun youtube Hari Puisi Indonesia berdasarkan kriteria penilaian sebagai berikut.

  • Pembacaan sesuai dengan teks puisi, tidak dibenarkan melakukan improvisasi.
  • Penggunaan musik, kostum dan background diijinkan, tetapi tidak berpengaruh pada penilaian.
  • Intonasi, ekspresi, artikulasi sesuai dengan pesan yang terkandung dalam teks puisi.
  • Karakter dan kekhasan pengucapan
  • Jumlah like pada rekaman pembacaan puisi yang diunggah di akun youtube Hari Puisi Indonesia menjadi bahan pertimbangan penilaian.
  • Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Penutup Lomba baca puisi digital ini didasari oleh semangat mengangkat marwah puisi. Oleh karena itu, keberhasilan lomba ini sangat ditentukan oleh partisipasi dan dukungan kita semua. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *