Berita PERISTIWA 

Litera Gelar Bincang Sastra pada Anugrah Sastra 2019

(Tangerang Selatan) litera.co.id- Portal sastra litera.co.id menggelar acara talk show yang bertajuk “Sastra Pasca Koran” pada hari Minggu (17/11). Talkshow ini menghadirkan dua narasumber yang memang sangat representatif di bidangnya, Putu Fajar Arcana (redaktur budaya koran Kompas) dan Iwank Kurniawan (redaktur budaya koran Tempo). Talkshow ini dipandu moderator Mustafa Ismail yang juga seorang redaktur budaya di koran Tempo. Acara ini digelar di Resto Kampung Anggrek yang terletak di Kampung Buaran, kota Tangerang Selatan.

Acara talkshow ini merupakan satu rangkaian dengan acara Penghargaan atau Anugrah Sastra Litera 2019, sebuah acara tahunan yang diadakan litera sebagai bentuk apresiasi pada sastrawan yang telah berkontribusi dengan mengirimkan puisi dan cerpen di portal sastra litera.co.id. Anugrah Sastra Litera ini adalah acara yang ketiga yang telah digelar oleh litera.

Acara dimulai pada pukul tiga dengan diawali menyanyikan lagu “Indonesia Raya” yang dipimpin oleh Willy Ana, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ahmadun Yosi Herfanda selaku pimpinan portal sastra ini. Dalam sambutannya Ahmadun Yosi Herfanda yang sering disapa AYH mengucapkan rasa terima kasihnya atas partisipasi para sastrawan terhadap portal ini. AYH juga mengungkapkan harapannya agar portal sastra litera bisa menjadi media alternatif bagi para sastrawan tanah air.

“Jumlah karya yang terseleksi ulang dan masuk dalam buku antologi puisi dan cerpen pilihan litera tahun ini terdiri dari 14 puisi dari 8 penyair dan 8 cerpen dari 8 cerpenis. Ini sejujurnya telah terjadi penurunan kuantitas juga kulaitas jika dibanding tahun lalu,” terang AYH. Setelah pengumuman acara kemudian ditandai dengan peluncuran buku antologi puisi dan cerpen pilihan litera yang berjudul Reruntuhan di Bukit Kapur. Pemandu acara Mahrus Prihany dan Julieta Sabila meminta para hadirin untuk maju ke depan menerima buku antologi tersebut. Hadir beberapa sastrawan seperti Hasan Aspahani, Uki Bayu Sedjati, Hadi Sastra, Doni, Iman Sembada, Humam S. Chudori, Atik Bintoro, Ari Siswana, Encep Abdullah, Kusen Ph.D, Nurdin, dll.

 

 

Acara kemudian dimeriahkan dengan baca puisi dengan penampilan Imam Sembada, Willy Ana, Hadi Sastra, Zaelani Tamako, dll. Bincang sastra atau talkshow “Sastra Pasca Koran” dimulai pkl 16.00. Bincang sastra ini berjalan cukup meriah dan sangat interaktif karena banyak peserta turut bertanya dan menanggapi bincang tersebut. Sedianya acara ini akan berakhir pkl 17.30 namun melihat respon para peserta diskusi yang aktif membuat acara ini berlangsung lebih lama hingga hampir pukul 19.00. (R)

Related posts

Leave a Comment