Agenda 

Sayembara Nasional Penulisan Mitologi

SEMARANG (Litera.co.id) – IKIP Veteran Semarang menyelenggarakan Sayembara Nasional Penulisan Mitologi. Sayembara dengan total hadiah 33 juta rupiah ini terbuku untuk kategori umum dan pelajar. Pengumpulan naskah paling lambat 31 Maret 2018. Penjurian 1 April – 19 Mei 2018. Pengumuman pemenang tanggal 20 Mei 2018.

Tiap peserta boleh mengirim paling banyak tiga naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Naskah belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutkan dalam lomba serupa. Tema tulisan bebas namun merupakan hasil karya asli dibuktikan dengan pernyataan di atas materai Rp 6.000.

Adapun ketentuan lain, peserta merupakan warga negara indonesia, ada dua kategori pelajar dan umum. Perlombaan ini tidak dipungut biaya. Panjang karya 9.000-15.000 karakter, halaman A4, spasi 1,5 huruf times new roman ukuran 12.

Berkas berisi salinan tanda pengenal (KTP/Kartu Osis), surat pernyataan naskah asli, biodata penulis, dan empat salinan naskah dikirim ke Panitia Sayembara Nasional “Penulisan Mitologi” IKIP Veteran Semarang 2018. Alamat di Gedung C Lantai 1 Jalan Pawiyatan Luhur IV No 17 Bendan Dhuwur, Gajah Mungkur, Semarang kode pos 50233.

Ada tiga dewan juri, antara lain Sastrawan Triyanto Triwikromo, Redaktur Kompas, Putu Fajar Arcana, dan jurnalis senior Arief Santoso.

Pemenang akan memperebutkan total hadiah Rp 33 juta, dengan rincian kategori umum juara 1 Rp 5 juta, juara 2 Rp 3 juta, dan juara 3 Rp 2,5 juta.

Sedangkan untuk kategori pelajar, juara 1 Rp 3,5 juta, juara 2 Rp 2,5 juta dan juara 3 Rp 1,5 juta. Masing-masing pemenang juga mendapatkan trofi dan sertifikat dari IKIP Veteran Semarang.

Tidak hanya itu, 20 naskah terpilih dari dua kategori juga mendapatkan masing-masing Rp1 juta. Naskah pemenang dari semua kategori akan diterbitkan dalam buku berjudul “Karya Terbaik Sayembara Nasional Penilisan Mitologi”. (R)

Related posts

Leave a Comment

15 − 12 =