Agenda 

Fikar W. Eda Luncurkan Buku Puisi

Penyair Fikar W. Eda akan meluncurkan buku puisi berjudul Sepiring Mie Aceh, Secangkir Kopi Gayo, Bertalam Giok Nagan. Buku puisi ini diterbitkan oleh penerbit Batavia Publishing 2015. Ini adalah buku puisi kedua yang ditulis oleh penyair kelahiran Aceh yang kini bergiat di DKJ dan duduk sebagai ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta.

Buku puisi pertama Fikar W. Eda adalah Rencong. Kumpulan puisi ini pertama kali terbit tahun 2003 dan mendapat respon yang sangat baik dari para pembaca Sastra di Indonesia hingga mengalami cetak ulang pada tahun 2005 dan 2008.

Sepiring Mie Aceh, Secangkir Kopi Gayo, Bertalam Giok Nagan memuat 38 puisi terpilih Fikar yang terentang selama tujuh tahun lebih sejak 2008.

Dari judul buku tersebut tentulah kita bisa menduga jika buku puisi kental dengan nuansa Aceh, tempat dimana sang penyair lahir dan tumbuh besar sebelum akhirnya hijrah dan mematangkan kepenyairannya di Jakarta.

Dengan kata pengantar ditulis oleh Azhari Ayub, pengelola halaman budaya Serambi Indonesia Banda Aceh dan juga pendiri serta penggiat komunitas Tikar Pandan Banda Aceh, kumpulan puisi kental dengan warna lokal Aceh.

Buku ini telah diterjemahkan pula dalam bahasa Inggris oleh Putra Hidayatullah hingga sangat memungkinkan suara Fikar tentang Aceh melalui puisi ini sampai pada lingkup lebih luas.

Saat dihubungi oleh awak Litera tentang puisi-puisi yang termuat dalam buku puisi ini tadi sore, Fikar dengan ramah mengatakan, “Buku ini memperlihatkan sisi Aceh yang lain, menyiratkan keanekaragaman budaya dan perjuangan terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Ditulis dengan memanfaatkan pola rima yang terdapat dalam sastra tutur Gayo dan Aceh.”

Peluncuran buku ini akan diisi dengan pertunjukan dan testimoni juga dimeriahkan dengan pembacaan dan musikalisasi puisi. Bagi rekan-rekan yang ingin hadir di acara ini bisa datang pada hari jumat tanggal 1 April 2016 bertempat di Boulevard Coffee & Resto (Kopi Aceh), kompleks Apartemen Boulevard, Jalan M. Fakhrudin No. 5, Tanah Abang (sebelah hotel Milenium). Acara akan berlangsung mulai pukul 19.00-21.00.

Mahrus Prihany

Related posts

Leave a Comment