Remaja dalam Kelas Literasi

15178155_1594697363878471_2229853927615962313_n

Litera.co.id– Semangat, energi dan perhatian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto pada pengembangan sastra sangat layak diberi apresiasi. Institusi ini sering mengadakan diskusi dan kelas penulisan sastra baik secara mandiri ataupun bekerja sama dengan komunitas dan lembaga lain semisal Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto. Dalam satu bulan, Indra T Kurniawan dan rekan-rekan di Dinas ini bisa mengadakan acara sastra hingga dua atau tiga kali. Perhatian dinas ini bisa menjadi satu contoh bagi dinas-dinas di daerah lain.

Setelah sukses dengan diskusi sastra bulanan yang diberi nama “Terminal Sastra” yang lebih menekankan pada genre sastra umum dan dewasa hingga telah mencapai puluhan edisi, kini Dinas ini dengan didukung beberapa komunitas menggelar suatu program atau kegiatan yang disebut “Kelir” atau kelas literasi remaja yang menitik beratkan perhatian pada perkembangan literasi remaja yang tentu saja sebagian besar adalah pelajar setingkat SMP atau SMA.

Bulan Februari ini “Kelir” telah mencapai edisi ke-5. Edisi ini akan menghadirkan narasumber Mochammad Asrori (cerpenis dan aktivis Serikat Buku Mojokerto). Asrori juga sangat aktif di kegiatan-kegiatan sastra yang digelar di Mojokerto. Dari pengamatan Litera, ia sering menjadi pelaksana kegiatan yang diketuai oleh Indra T. Kurniawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto.

“Kelir” sebenarnya terbuka untuk pelajar umum dan warga tanpa dipungut biaya bahkan ada door prize buku bagi yang beruntung. Penjadwalan dan undangan ke satu sekolah dilakukan agar lebih terarah. Bulan ini pelajar yang terundang adalah pelajar SMA Al Mutazam Mojokerto.

“Kelir” edisi ke-5 bulan Februari ini akan digelar pada hari Minggu, 26 Februari pkl 08.00-13.00 bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto yang beralamat di Jln Raya Jabon no 190. (Mahrus Prihany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *