DKTS Siapkan Tangsel Mengaum

DKTS

Litera.co.id (Tangsel)- DKTS (Dewan Kesenian Tangerang Selatan) berencana menerbitkan antologi puisi yang diberi judul Tangsel Mengaum. Sesuai judulnya, antologi puisi ini ingin mengangkat beberapa tema besar dan bersifat sosial seperti politik, hukum, keberagamaan dan kemanusiaan. Tema ini sesungguhnya ingin mencerminkan dan membangkitkan semangat kebangsaan dalam puisi, demikian tegas Kusen ph.D atau yang dikenal Kyai Cepu, ketua komite sastra DKTS.

“Kita turut merasa prihatin karena kita sebagai bangsa yang telah merdeka lebih 72 tahun, namun garam saja masih impor, padahal kita adalah negara maritim yang luas wilayah lautnya beberapa kali lipat dari daratan. Belum lagi tentang impor jagung, kedelai, dan sapi. Kita bisa memotret kondisi ini dalam puisi,” tambah lelaki 45 tahun yang bergelar doktor lulusan dari sebuah universitas di Rusia yang juga pengajar di universitas ini.

Sementara H. Shobir Poer, ketua DKTS tentu sangat mendukung program antologi puisi Tangsel Mengaum yang digarap komite sastra DKTS ini.

“Saya juga telah mengirim informasi pada para guru yang mengikuti workshop penulisan puisi juga para mahasiswa yang berpartisipasi pada lomba baca puisi se-Tangsel akhir Oktober lalu. Ini kesempatan bagus untuk mempraktikkan apa yang mereka dapat. Tapi pada dasarnya ini untuk warga Tangsel secara umum,” tulis Shobir Poer dalam pesan di grup WA.

 

Bagi warga yang ingin mengirim puisi, berikut ketentuan yang harus diperhatikan:

 

  1. Warga yang bergiat dan berdomisili di Tangerang Selatan tanpa batasan usia dan golongan.
  2. Puisi bertema politik, hukum, keberagamaan (tanpa unsur sara), dan kemanusiaan.
  3. Kirim 1-3 puisi.
  4. Dikirim dalam format MS Word (dalam lampiran), bukan di badan email disertai biodata singkat.
  5. Dikirim ke email: komitesastra98@gmail.com
  6. Dikirim paling lambat tgl 10 Desember 2017 pkl 23.59
  7. 100 puisi terpilih akan dicetak dalam buku.

 

Rencana antologi puisi Tangsel Mengaum akan diluncurkan pada 28 Desember 2017. Informasi lebih lanjut bisa hubungi ketua komite sastra DKTS, Kusen ph.D pada nomor 081382498561.

(Mahrus Prihany)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *