Cerpen PROSA 

Sampah Kota Smece

Rizqi Turama, dosen di Universitas Sriwijaya. Salah satu cerpenis pilihan Kompas tahun 2018. Beberapa cerpennya pernah dimuat di Kompas, Magelang Ekspress, Koran Pantura, dan lain-lain. Aktif di Sanggar EKS dan Komunitas Kota Kata Palembang. Buku terbarunya berjudul Teriakan dalam Bungkam.

Read More
puisi SAJAK 

Puisi-puisi Eddy Pranata PNP

Eddy Pranata PNP— meraih anugerah Puisi Umum Terbaik Lomba Cipta Puisi tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI bekerja sama dengan Yayasan Hari Puisi. Juara 1 Lomba Cipta Puisi Sabana Pustaka tahun 2016, Nomine Penghargaan Sastra Litera tahun 2017, 2018, dan 2019. Nomine Krakatau Award 2017 dan 2019. Sejak tahun 2014 mengelola Jaspinka (Jaringan Sastra Pinggir Kali) Cirebah, Banyumas Barat, Indonesia. Buku kumpulan puisi tunggalnya: Improvisasi Sunyi (1997), Sajak-sajak Perih Berhamburan di Udara (2012), Bila Jasadku Kaumasukkan ke Liang Kubur (2015), Ombak Menjilat Runcing Karang (2016), Abadi…

Read More
ESAI 

Suguhan Etnis dalam Membaca Literasi: Catatan Tersisa Joglitfest

Mengusung tema global-lokal sastra dalam joglitfest 2019, bagai angin segar yang berhembus dalam dinamika literasi dan sastra. Tentu ada pesan berantai yang harus dimaknai secara kearifan lokal. Dua unsur budaya yang dipadukan, literasi dan sastra, yang dimanifestasikan dalam ceramah literasi dan seminar sastra seharusnya menjadi sangat menarik. Bukan hanya sebagai sebuah suguhan yang mempresentasikan keberadaan literasi dan sastra, tetapi bagaimana membangun konsep ke depan yang bisa memberi nilai kepada generasi penerus.

Read More
Cerpen PROSA 

Bosan Menyergap di Tengah Hari

M Firdaus Rahmatullah, lahir di Jombang. Alumnus PP Al Muhibbin Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang dan PBSI STKIP PGRI Jombang. Karya-karyanya dimuat di Republika, Koran Tempo, JP Radar Malang, JP Radar Mojokerto, dan JP Radar Jombang. Tahun 2015, mengikuti workshop cerpen Kompas di Bali. Kini mengabdi di SMAN 1 Panarukan Situbondo.

Read More
puisi SAJAK 

Puisi-puisi Muhammad Irsyad Hambali

Muhammad Irsyad Hambali, lahir di Kediri, 11 Maret 2001 dan sekarang tinggal di Trenggalek, Tahun 2019 ia telah menyelesaikan jenjang pendidikan atas di MAN 2 Trenggalek. Hobi membaca, menulis, membuat puisi, cerpen dll. Ia pernah bergabung di QLC Trenggalek, QLC cabang Panggul, Studi Kerohanian Islam, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan COMPETER (Komunitas Pena Terbang). Kegiatannya sekarang bekerja sebagai internet marketing. Buku puisi antologinya sedang di proses dan akan terbit segera.   Puisi Laut : Trenggalek   Sepertinya, laut menjadikan kita sepasang kekasih yang kesepian. Pesisir pantai menderu dan malu-malu membawa ombak…

Read More
Agenda 

Undangan Menulis Antologi Puisi “Pasaman Dalam Puisi”

PASAMAN (Litera.co.id) – Pasaman adalah negeri asal Tuanku Imam Bonjol. Sungai, lembah dan perbukitan merupakan ciri utama bentang alam Pasaman. Ciri ini sekaligus jadi kekuatan pembentuk sejarah dan peradaban Pasaman. Lewat riak dan aliran sungai yang menyebar selingkar Pasaman, hal jauh menjadi dekat. Rekam jejak masa lalu Pasaman membuktikan, lewat lembah dan bukit hal yang renggang menjadi rapat dan erat.

Read More
Cerpen PROSA 

Matinya Pak Nuri

Muhtadi ZL, adalah Mahasiswa Institut Ilmu Keislaman (INSTIKA) Guluk-guluk, Sumenep, Madura dan Pengurus Perpustakaan PP. Annuqayah daerah Lubangsa. Aktif di Komunitas Penulis Kreatif (KPK) dan Komunitas Cinta Nulis (KCN) Lub-Sel. Menulis Esai, Resensi dan Cerpen serta karyanya tersebar di beberapa media.

Read More
puisi SAJAK 

Puisi-puisi Nuriman N Bayan

Nuriman N. Bayan atau lebih dikenal dengan Abi N. Bayan, lahir di desa Supu Kec. Loloda Utara, Kab. Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, 14 September 1990. Karya-karyanya dipublikasikan di media daring, surat kabar, dan terbit di beberapa majalah, serta tergabung dalam antologi bersama, diantaranya: Cincin Api: Antologi Puisi Mitos dan Erupsi Gunung Merapi (2019), Sebutir Garam di Secangkir Air: Apresiasi 60 Puisi Dapur Sastra Jakarta (2019), Aku Menujumu, (2019), Dongeng Nusantara Dalam Puisi, (2019), 100 Penyair Indonesia  dalam Antologi Puisi Binjai (2019), Pesisiran, (2018), dll.

Read More