Agenda 

Madura Gelar Silaturahim Akbar Budayawan

Litera- Madura akan menggelar Silaturahim akbar untuk para seniman dan budayawan. Tema yang akan diangkat di acara Silaturahim ini adalah “Temu Silaturahim Budayawan: Madura Membaca Nusantara.” Acara ini akan melibatkan banyak pihak, khususnya para budayawan yang berdiam dan giat di pulau garam ini dan diharapkan dapat memberi kontribusi secara pemikiran dan gagasan untuk Madura dan Nusantara. Acara ini sendiri diselenggarakan atas kerjasama Pondok Pesantren Tarbiyatul Banat Moncek Tengah, Masyarakat Santri Pesisiran (MSP), dan Komunitas Kampoeng Jerami (KKJ).

Sebagaimana dituturkan Fendi Kachonk pada awak Litera, ia berharap bahwa momentum Silaturahim budayawan ini ini bisa menjadi pintu masuk bagi jati diri dan laku budaya Madura yang begitu kaya dan unik. Fendi yang juga merupakan penyair Madura dan pendiri Komunitas Kampoeng Jerami (KKJ) dan juga salah satu penggagas acara ini berharap jika Silaturrahmi ini dapat membangunkan kesadaran bersama tentang keberartian nilai sejarah kebudayaan dalam melandasi kehidupan manusia sebagai makhluk yang beradab.

“Tujuan acara ini juga sebagai kerinduan. Gagasan ini muncul dari pertemuan yang secara khusus untuk menciptakan kembali ruang yang sehat dan merdeka, komunitas secara komunal yang mandiri, kreatif dan memiliki tanggung jawab untuk saling menjunjung nilai kemanusiaan, menemukan gagasan dan menjunjung kedaulatan tanpa kepentingan dan intervensi politik,” lanjut lelaki penulis buku puisi berjudul Tanah Silam ini. Peserta dan Undangan tentu tak semata dari kalangan seniman dan budayawan tetapi juga para praktisi adat, praktisi Pendidikan dan wartawan.

Berikut adalah agenda yang telah dijadwalkan oleh panitia:

  1. Pembukaan – Lagu Indonesia Raya
  2. Mars Yayasan
  3. Tahlil Bersama
  4. Sambutan oleh Pengasuh Pesantren Tarbiyatul Banat ( K.M Faizi )
  5. Pidato Kebudayaan (K. Turmedzi Djaka )
  6. Baca Puisi dan Pementasan-pementasan para penyair dan seniman
  7. Diskusi Umum dengan TEMATIK: – Sejarah pergerakan Masyarakat kesenian Madura – Ekologi dan Sumber daya Manusia – Sandang, Pangan serta Pendidikan  dengan pemandu diskusi : Fendi Kachonk.

 

Acara yang akan disiarkan secara langsung oleh radio Pamekasan ini akan berlangsung pada hari Jumat (malam Sabtu) Tanggal : 12 Agustus 2016 mulai pukul 19.20 WIB dan bertempat di Pondok Pesantren Tarbiyatul Banat Moncek Tengah. (Rute, jika dari pamekasan, Sampang dan Bangkalan bisa ke utara Pasar Kapedi lalu di perempatan setelah Tower Pemancar ambil Lajur kiri, 2 Km bertemu Pasar Moncek, ke selatan kira-kira 1 Km.)

 

Mahrus Prihany

Related posts

Leave a Comment

8 − 7 =