ESAI 

Realisme, Tohari, dan Logika Ilmiah

Karya sastra sesungguhnya medium yang mampu menyampaikan banyak hal. Meski kita anggap rekaan tapi karya sastra mampu digunakan sebagai instrumen pembelajaran seperti halnya tulisan ilmiah tanpa mengurangi nilai sastranya. Saat kita membacanya serasa kita sedang belajar sebuah ilmu pengetahuan dengan keindahan dan alur cerita yang terjaga.

Cukup banyak juga sebenarnya contoh karya semacam itu. Karya sastra semacam itu biasanya bercorak realisme, suatu sub genre atau aliran dalam sastra. Realisme sering sekali berkisah realitas sosial yang dikaitkan sejarah, ilmu pengetahuan, politik, atau hal-hal yang dikaitkan dengan tema-tema global, meski kemudian realisme memiliki beberapa macam seperti realisme romantik, realisme historis, realisme sosial, dan realisme magis. Realisme dalam sastra dunia dikenal dalam karya-karya Stendhal, Pushkin, Dickens, dan masih banyak lagi. Di negeri ini, kita bisa membaca karya sastra realisme pada karya-karya Umar Kayam, Dianing Widya Yudhistira, dan Ahmad Tohari.

Kita memang tak harus berpikir berat dan sistematis saat membaca karya realisme, hal yang sederhana pun ternyata bisa menjadi pengetahuan yang bersifat ilmiah.

 

Ahmad Tohari dan realisme

 

Salah satu contoh nyata karya sastra yang kental dengan realisme di Indonesia adalah sastrawan Ahmad Tohari. Karya-karya Ahmad Tohari yang kebanyakan adalah novel bercorak realis. Tohari bisa berbicara kondisi politik tanah air, kebudayaan masyarakat tradisional, psikologi dan batin manusia, intrik, siasat, dan strategi seakan sedang menghadapi suatu peperangan, filsafat hidup, juga berbicara tentang kesenian. Saat membaca karya-karya Tohari tersebut seakan kita melihat Tohari sebagai seorang ilmuwan yang menguasai banyak hal. Tohari bisa tampil seperti filsuf, antropolog, atau seorang guru bangsa. Meski begitu kita tetap merasakan tuturan Tohari tersebut begitu estetis. Kita tak perlu disibukkan dengan istilah-istilah tehnis yang rumit yang membuat kita harus membuka kamus atau ensiklopedi. Tohari telah meramunya dengan begitu indah namun mampu mengajak kita berpikir ilmiah secara menyenangkan bahkan menemukan keasyikan yang luar biasa. Tohari juga seperti tak sedang menggurui meski ia bisa tampil seperti guru yang sedang berdiri mengajar di ruang kelas. Ia mampu merangsang imaginasi kita dan mengajak berpikir ilmiah.

Ketika kita membaca karya master piece nya yang berupa trilogi berjudul Ronggeng Dukuh Paruk misalnya, betapa memukau baik secara tehnis dan isi yang bisa kita gali dari novel tersebut. Penggambaran watak dan karakter serta suasana batin juga tradisi kuat yang dipegang dan diyakini sebuah masyarakat di pedalaman di Banyumas membuat kita seakan sedang membaca sebuah karya antropologi yang dahsyat.

Jejak itu sesungguhnya juga telah terlihat pada karya-karya awal Tohari seperti Kubah dan Lingkar Tanah Lingkar Air yang kental dengan nuansa politis, Tohari seakan sedang mengajak kita menelaah sebuah proses perubahan darn pergolakan tokohnya. Potret yang kuat yang disajikan dengan memukau tentu saja membuat pembaca makin tertarik dan hanyut secara imaginatif dalam irama yang dimainkan Tohari. Pembaca pemula sekalipun tak akan mengalami kesulitan saat membaca novel-novel Tohari, Tohari seakan berbicara dengan orang banyak dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti namun semua memgandung pesan dan bobot yang sangat kuat.

Selain menulis banyak novel yang jumlahnya telah mencapai belasan judul, Tohari juga menulis cerpen, meski produktifitas cerpen Tohari masih kalah jauh dibanding dengan novel-novelnya. Meski begitu cerpen-cerpen Tohari juga mendapat banyak apresiasi. Cerpen Tohari pernah mendapat penghargaan dan menjadi cerpen pilihan terbaik sebuah media massa nasional yang menerbitkan karya pilihan pada setiap tahun.

Beberapa waktu lalu kita kembali disuguhkan cerpen Tohari berjudul “Gulai Kam-bhing dan Ibu Rapilus” yang dimuat Kompas pada Minggu, 4 Desember 2016. Tak seperti cerpen-cerpen kontemporer para penulis generasi kini yang penuh dengan permainan kata yang kadang nampak rumit dan begitu tehnis juga dengan menggunakan logika yang memutar-mutar hingga kemudian pembaca harus mengernyitkan kening untuk memahaminya, Tohari justru menggunakan bahasa yang begitu sederhana dan seolah mengalir begitu saja namun sesungguhnya ia sedang berbicara hal yang ilmiah dan sangat mungkin banyak pembaca tak memahami sebelumnya persoalan yang Tohari bahas hingga ia kemudian menjelaskan pada kita.

Lewat cerpen tersebut sesungguhnya Tohari sedang tampil sebagai seorang guru biologi yang sedang menjelaskan secara ilmiah tentang perbedaan anatomi hewan antara kambing dan anjing. Meski Tohari juga menggunakan istilah-istilah biologi lain seperti nama-nama tumbuhan dalam bahasa latin, seakan semua mengalir di logika kita secara ringan dan menyenangkan tanpa kita dipaksa seperti murid yang sedang menghapal keras.

Penjelasan tentang anatomi kambing dan anjing dengan model dialog antara dua tokoh utama tersebut bukan juga hal yang tanpa risiko karena sang perempuan warung juga seakan tampil sebagai seorang murid nakal yang ingin mengganggu penjelasan sang guru. Lewat tokoh “saya” yang sedang menyadarkan sang murid bernama Jubedi yang sedang tak konsentrasi dengan mata pelajaran hingga Jubedi tak sadar jika ia sedang makan sop anjing padahal Jubedi paham benar akan materi tersebut. Tohari ingin mengembalikan konsentrasi sang murid, meski ada murid nakal yang lain sedang mengganggu. Tokoh “saya” pada akhirnya memang tak berhasil menyadarkan Jubedi, itu karena tokoh “saya” memilih cara yang paling halus dan tak langsung saat menegur Jubedi walau sesungguhnya jika cara frontal yang dipilih tokoh “saya” saat menyampaikan pelajaran pada Jubedi, tentu sangat mudah, hanya saja tokoh “saya” mempertimbangkan bahwa ada “perempuan warung” di situ dan tokoh “saya” tentu saja mempertimbangkan aspek psikologis murid nakal tersebut. Jika saja tokoh “saya” kekeuh untuk mengambil sikap frontal, mungkin yang terjadi kemudian akan ada keributan di rumah makan tersebut.

Pada dasarnya Tohari berhasil mengemas pelajaran biologi atau ilmu hayat dalam cerpen tersebut dengan cara yang sederhana namun memukau. Tohari memang seorang guru yang bijaksana yang mengajak kita berpikir ilmiah dengan cara yang menyenangkan. Selain itu Tohari menyampaikan pesan moral yang dalam tanpa perlu menyakiti perasaan siapapun. Barangkali cerpen tersebut bisa menjadi suatu acuan bagi generasi masa kini, bahwa meski kreatifitas, tehnik, dan inovasi dalam karya sastra telah mengalami kemajuan begitu pesat, tapi kita tak boleh lupa jika karya sastra juga memiliki pesan yang harus disampaikan pada pembaca. Karya sastra tentu tak boleh semata sebuah keasyikan para penulisnya namun abai terhadap gagasan yang harus dikomunikasikan pada pembaca. Setiap penulis memang memiliki gaya dan pilihan aliran masing-masing juga memiliki kebebasan untuk menuangkan karya dengan cara yang disukai namun pesan dan nilai tentu saja lebih bermakna jika mengandung universalitas. Penulis dan pembaca sesungguhnya berada pada suatu alur dialektika. Proses dialektik antara penulis dan pembaca akan menentukan seberapa kuat karya bisa diterima dan berpengaruh pada sebuah masyarakat. Penulis tentu memiliki idealisme sendiri, dan itu adalah hak setiap orang, tapi pembaca juga memiliki penilaian yang tak bisa diabaikan. Selera apapun yang dipilih oleh seseorang namun yang pasti dan tak bisa dihindari adalah mampukah penulis dan pembaca bisa saling memahami dan berinteraksi karena bagaimanapun pembaca memiliki tempat yang signifikan pada suatu karya sastra.

 

Mahrus Prihany, divisi kaderisasi dan organisasi KSI Pusat

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment

ten − 6 =