Agenda PERISTIWA 

PERAYAAN HARI PUISI 2021 DIUNDUR

        

Dengan sepenuh takzim, Panitia Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) 2021 dan pengurus Yayasan Hari Puisi (YHP), perlu menyampaikan informasi tentang pelaksanaan penyelenggaraan Puncak Perayaan HPI 2021.

 

Mengingat wilayah  DKI Jakarta belum sepenuhnya bebas dari pandemi Covid-19, Pemerintah  DKI Jakarta masih memberlakukan berbagai Pengaturan Lokasi dan Aktivitas Seni Budaya dan pembukaan kunjungan ke museum dan gedung pertunjukan. Pengurus YHP dan Panitia Perayaan HPI 2021 menyadari, bahwa kesehatan lebih penting dari apa pun. Oleh karena itu, segala persiapan dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Sambil terus memantau perkembangan situasi pandemi, kami tetap berkomitmen pada spirit awal untuk melaksanakan Perayaan HPI 2021 dengan kesungguhan dan memberikan yang terbaik bagi dunia perpuisian Indonesia. Oleh karena itu, meski menghadapi berbagai kendala dan masalah, kami berhasil merampungkan beberapa kegiatan berikut ini:

  1. Lomba Cipta Puisi Grup Facebook HPI 2021

Dari 741 puisi karya 419 penyair, Dewan Juri Tahap I berhasil memilih 100 puisi untuk dibukukan. Dewan Juri Tahap II akan mengumumkan enam puisi sebagai Pemenang 1—6.

  1. Lomba Video Baca Puisi

Dari 220 video baca puisi. Dewan Juri Tahap I berhasil memilih 25 video baca puisi sebagai nomine. Dewan Juri Tahap II akan memilih tiga video sebagai pemenang 1—3.

  1. Pemilihan Komunitas Terbaik Perayaan Pekan HPI 2021

Dari lebih 10 komunitas penyelenggara Pekan Perayaan Hari Puisi 2021, enam komunitas yang memenuhi persyaratan yang ditentukan Panitia. Dari jumlah itu, Dewan Juri akan memilih satu pemenang yang akan diumumkan pada puncak perayaan HPI 2021.

  1. Sayembara Buku Puisi Anugerah HPI 2021

Dari 165 buku puisi yang memenuhi persyaratan Sayembara Buku Puisi Anugerah HPI 2021, Dewan Juri akan memilih satu buku puisi yang berhak memperoleh Anugerah HPI 2021 dengan hadiah uang tunai Rp 50 juta dan lima buku puisi terbaik yang berhak memperoleh hadiah masing-masing uang tunai Rp 10 juta.

  1. Pemilihan Anugerah Kepenyairan Adiluhung 2021

Siapa penyair yang pantas menerima penghargaan Anugerah Kepenyairan Adiluhung 2021? Jawabannya akan diumumkan pada puncak Perayaan HPI 2021.

  1. Pelaksanaan Puncak Perayaan HPI 2021 akan diselenggarakan selama tiga hari. Hari Pertama diisi dengan peluncuran dan diskusi buku, hari kedua seminar internasional, dan hari ketiga Malam Anugerah Perayaan HPI 2021.
  2. Rencana awal pelaksanaan Puncak Perayaan HPI 2021, 27—29 Oktober 2021 di Taman Ismail Marzuki. Mengingat pelaksanaan pada tanggal itu dipandang belum kondusif, maka setelah berkonsultasi dengan pihak pengelola Taman Ismail Marzuki, pelaksanaan Puncak Perayaan Hari Puisi 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 26—28 November 2021 di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
  3. Berbagai mata acara pada Puncak Perayaan Hari Puisi 2021 akan segera diumumkan beserta aturan pelaksanaan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.
  4. Kami Pengurus YHP dan Panitia Pelaksana Puncak Perayaan HPI 2021 dengan tulus menyampaikan permohonan maaf yang sebesarnya kepada para penyair Indonesia dan publik sastra atas pengunduran waktu pelaksanaan Puncak Perayaan HPI 2021. Kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi para penyair Indonesia pada berbagai kegiatan yang diselenggarakan YHP.

Demikian maklumat ini kami sampaikan. Mohon doa restu dan dukungannya agar pelaksanaan Puncak Perayaan HPI, 26—28 November 2021 berjalan lancar sesuai rencana. Semoga situasi pandemi ini segera berakhir dan kita kembali merayakan berbagai kegiatan tanpa perlu dibayang-bayangi kecemasan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi segala niat dan kiprah kita untuk memajukan puisi, sastra, dan kebudayaan Indonesia. Tetap semangat! Tetap kreatif! Jaga kesehatan!

 

Jakarta, 22 Oktober 2021

Salam takzim

Maman S Mahayana

Ketua Yayasan Hari Puisi

Related posts

Leave a Comment