Nomine Penghargaan Sastra Litera 2021

TANGERANG SELATAN (litera) – Sastrawan Ahmadun Yosi Herfanda atau yang biasa dikenal AYH mengumumkan daftar puisi dan cerpen yang masuk nominee Penghargaan Sastra Litera 2021. Pengumuman itu disiarkan secara langsung melalui IG Info Sastra dan akun FB Mahrus Prihany yang juga merupakan redaktur pelaksana portal sastra Litera.

Pengumuman nomine dilakukan di kafe Roti Bakar 88, Pamulang, Tangerang Selatan, pada hari Selasa (7/12). Pengumuman tersebut sempat tertunda karena kendala teknis pada akun FB penyair kelahiran Kendal itu. Rencananya pengumuman akan disiarkan pkl 20.00 WIB namun baru bisa dimulai hampir pkl 21.00 dengan menggunakan akun media sosial redaktur pelaksana litera.

Dalam prolognya, AYH mengatakan bahwa Penghargaan Sastra Litera ke-4 ini telah mundur satu tahun. Mestinya digelar tahun 2020 lalu, namun batal karena pandemi dan tiadanya sponshor.
“Tapi, kesabaran ini ada hikmahnya. Penghargaaan kali ini nilai nominal hadiahnya akan lebih besar dari sebelumnya karena didukung oleh Badan Bahasa Kemendikbudristek RI,” terangnya.

Daftar karya dan nomine tersebut adalah hasil seleksi puisi dan cerpen yang pernah ditayang di portal sastra Litera selama kurun 2019 dan 2021. Karya yang masuk di tahun 2021 relatif sedikit karena portal sastra Litera sempat vakum setahun lebih. Untuk puisi dan cerpen tahun 2021 yang diseleksi ditutup hingga minggu ke-3 November. Artinya, karya yang tayang setelah minggu ke-3 November akan diikutkan pada seleksi berikut tahun 2022.

“Tahun depan akan dipilih cerpen dan puisi yang tayang di portal sastra Litera bulan November 2021 hingga September 2022, karena Penghargaan Sastra Litera 2022 akan diadakan pada bulan Oktober 2022, sekalian merayakan Bulan Bahasa,” ujar Ahmadun. “Insya Allah kalau ada sponsor, kalau ada yang memfasilitasi seperti sekarang,” tambahnya.

Terpilih 20 daftar karya dan nomine untuk puisi serta 15 judul cerpen dari 15 cerpenis. Seluruh daftar karya tersebut akan diterbitkan dalam satu buku dan para nomine akan mendapat bukti terbit buku tersebut. Berikut daftar karya dan para nomine Penghargaan Sastra Litera 2021:

 

Kategori Puisi

1. Dongeng Dunia (Alfiansyah Ramdhani)
2. Hujan di Sudut Peron (Arie Siswana)
3. Menjemput Doa (BJ Akid)
4. Becak Siantar (Budhi Setyawan)
5. Curhat Mambang (Darwin)
6. Segeralah Bawa Perahumu (Eddy Pranata PNP)
7. Sunyi Sungai (Faris Al Faisal)
8. Mustafa Hanya Tinggal Nama (Fatah Anshori)
9. Hari-hari Nestapa (Ibna Asnawi)
10. Pamoyanan (Irvan Syahril)
11. Gugurlah (Isbedy Stiawan ZS)
12. Sebelum Kau Hapus (Kim Al Ghazali)
13. Cerita dari Seorang Pedagang di Parangkusuma (Mahwi Air Tawar)
14. Surat untuk Ayla (Mohammad Cholis)
15. Molang Are (Moh Rofqil Bazikh)
16. Hijau dan Biru (Nuriman N Bayan)
17. Diombang-ambing Laut (Pilo Poly)
18. Surat Kupu-kupu (Romzul Falah)
19. Demensia (Vito Prasetyo)
20. Episode Waktu Dinding dan Pintu-pintu (Wirja Taufan)

Kategori Cerpen

1. Perempuan yang Tak Mengenal Diagram Tulang (Ahmad Dzikron Haikal)
2. Bali di Hari Kesekian (Arida Erwianti)
3. Gadis Pesisiran (Didin Emfahrudin)
4. Diam Sunyi Menjadi Mayat (Ferry Fansuri)
5. Seseorang yang Memesan Sepi (Hendy Pratama)
6. Perjanjian dengan Setan (Herpin Noviandi Khurosan)
7. Jidat sang Ustaz (Indah Noviariesta)
8. Ngaben (Joko Rabsodi)
9. Hujan dan Surat untuk Bapak (Latif N Jannah)
10. Seseorang dan Langkah Misterius Itu (Lintang Alit Wetan)
11. Matinya Pak Nuri (Muhtadi ZL)
12. Mbak Jem (Nanda Insadani)
13. Papa Belum Juga Pulang Kerja (Nisa Ayumida)
14. Memancing di Tubuh Ibu (Surya Gemilang)
15. Gadis Senja di Tepi Pantai (Wahyu Arshaka)

Dari daftar tersebut, tim Litera akan memilih kembali tiga puisi dan tiga cerpen dan berhak mendapat hadiah berupa trofi dan sejumlah uang. Penghargaan tahun ini berbeda dari sebelumnya yang hanya memilih satu puisi dan satu cerpen terbaik serta tiga puisi dan tiga cerpen unggulan. Kali ini litera menentukan pemenang 1, 2, dan 3 untuk masing-masing kategori puisi dan cerpen. Pengumuman pemenang akan dilangsungkan pada acara puncak Penghargaan Sastra Litera 2021 yang akan dihelat pada Selasa, 14 Desember pkl 09.00-17.00 di Swiss Bell Hotel, Serpong, Tangerang Selatan.

Dewan juri Penghargaan Sastra Litera 2021

Ahmadun Yosi Herfanda (ketua)
Mustafa Ismail (juri)
Mahrus Prihany (juri)
Iman Sembada (sekretaris juri)

 

(MP)

Related posts

Leave a Comment