PERISTIWA 

Pesan Cinta Satu Abad

Depok (litera): Sejumlah pegiat sastra berkumpul untuk memeriahkan sarasehan budaya yang digelar di adakopi, Bojongsari, Depok, pada hari Rabu, 27 Juli 2022. Para pegiat sastra tersebut berasal dari beberapa kota seperti Depok, Bogor, Tangerang Selatan, dan Jakarta. Sarasehan budaya itu sendiri dihelat dalam rangka untuk memperingati satu abad penyair besar Indonesia yang dijuluki “Sang Binatang Jalang”, Chairil Anwar.

Acara dimulai pkl 19.30 dengan dipandu oleh Sarah Monica sebagai pembawa acara. Dibuka dengan sambutan oleh ketua panitia, Cak Tarno. Dalam kata sambutannya, Cak Tarno yang juga merupakan ketua Octopus Institute mengatakan bahwa Chairil Anwar diperingati agar generasi berikutnya bisa menghayati semangat yang dituangkan oleh Chairil Anwar melalui puisi-puisinya. Budayawan, seniman, dan sastrawan memiliki peran serupa intelektual yang digaungkan Antonio Gramsci.

Selanjutnya acara diteruskan dengan pembacaan puisi yang dibacakan oleh anak-anak muda. Sebagaimana tema utama “Satu Abad Chairil Anwar”, para anan muda tersebut membaca puisi-puisi Chairil Anwar. Mereka yang tampil baca puisi adalah Elkaboni, Khardi Ansyah, Lilis, Syahrul Aziz, Gilang, Nduk Win, Willy Ana, dan beberapa lagi. Suasana malam makin meriah dengan adanya musikalisasi puisi oleh Abel & Friend dengan diiringi Musik Tunas Muda. Mereka menampilkan tiga puisi yang dinyanyikan dengan penuh penghayatan dan semangat. Banyak pengunjung yang rupanya sudah cukup hafal dengan puisi-puisi tersebut pun turut bernyanyi.

Acara puncak diisi dengan orasi budaya yang disampaikan oleh Ngatawi al Zastrow, budayawan dan mantan ketua LESBUMI. AL Zastrow memaparkan kembali gagasan dalam puisi-puisi Chairil Anwar yang menyuarakan tidak hanya semangat perjuangan tetapi juga pesan cinta. Al Zastrow turut tampil membacakan beberapa puisi Chairil Anwar. Tidak ketinggalan pula, penyelenggara acara yang juga pemilik adakopi, Mahwi Air Tawar turut membaca puisi pada akhir acara.

Acara Satu Abad Chairil Anwar ini juga membacakan surat-surat cinta Chairil Anwar. Selain adakopi, acara ini didukung pula oleh Ruang Kreasi, Octopus Institute, dan Komunitas Riang Riung Kolektif.
(MP)

Related posts

Leave a Comment

one × 2 =