Agenda 

Dialog Sastra dan Kemanusiaan

BALI (Litera.co.id) – Program dialog sastra #68 bertajuk “Sastra dan Kemanusiaan” akan digelar di Bentara Budaya Bali pada Sabtu, 14 Desember 2019, Jalan Prof. Ida Bagus Mantra No. 88 A, Gianyar, Bali, pukul 18.30 WITA – selesai.

Kegiatan kali ini akan membincangkan perihal kisah-kisah kemanusiaan dalam karya sastra Indonesia dan dunia, berikut peran pengarang atau sastrawan dalam mengkritisi fenomena-fenomena sosial di sekitarnya. Terlebih pada era kini—yang serba instan dan digital—masihkah karya sastra berperan menginspirasi cara pandang masyarakat perihal nilai-nilai kemanusiaan, kesetaraan sekaligus penghargaan terhadap keberagaman?

Kegiatan dialog ini akan menghadirkan narasumber Dr. Dra. Maria Matildis Banda, M.S. (Sastrawan dan Dosen FIB Universitas Udayana).

Dan di sisi lain, akan dibahas pula mengenai bagaimana peran sastra di masa kini dan mendatang, sebagai sebuah refleksi sosial sekaligus sarana rekonsiliasi terhadap peristiwa maupun tragedi kemanusiaan yang terjadi di masa lalu. Dialog akan memperbincangkan pula pilihan sikap seorang sastrawan dalam kemelut sejarah. Apakah masih relevan mendikotomikan tujuan antara seni untuk seni atau seni untuk keterlibatan sosial?

Mari hadir. (R)

Related posts

Leave a Comment