PERISTIWA 

L.K Ara Meluncurkan Buku Puisi Terbaru

Jakarta (Litera) Penyair senior kelahiran Aceh L.K Ara kembali meluncurkan buku puisi terbarunya. Buku puisi dua bahasa yang berjudul Kau Pergi ini merupakan karya ke-37 penyair kelahiran November 1937 ini baik dalam antologi atau karya tunggal. L.K. Ara sendiri sangat aktif dengan acara-acara yang berkaitan seni dan sastra seperti pentas, festival, seminar, dan pertemuan sastrawan.

Penyair bernama lengkap Lesik Kati Ara mungkin hanya salah satu dari sedikit penyair senior yang masih memiliki mobilitas dan semangat tinggi dalam berkarya. L.K Ara bercerita jika ia tetap berusaha menulis puisi setidaknya satu puisi dalam setiap harinya. Dedikasinya pada seni membuat L.K Ara banyak menerima anugrah dan terakhir dianugrahi penghargaan oleh Pemerintah kabupaten Tangerang (2013).

Kau Pergi memuat 20 puisi L.K Ara, sangat tipis sebenarnya, terlebih puisi-puisi dalam buku tersebut juga bukan puisi yang panjang. Tetapi kita bisa melihat kontemplasi yang dalam dan totalitas L.K Ara dalam puisi-puisi ini. Buku terbitan Mahara Publishing ini ditulis dalam dua bahasa. Alih bahasa dan pengantar cukup panjang dikerjakan oleh Narudin Pituin.

“Sesungguhnya puisi-puisi L.K Ara dalam buku ini adalah puisi-puisi sederhana dan mudah difahami namun begitu dalam akan nilai-nilai kebajikan. L.K Ara ingin mengingatkan kita sebagai manusia yang terkadang tuli akan hakikat kemanusiaan kita melalui puisi,” papar Narudin saat penjadi pemateri dalam diskusi yang dimoderatori oleh Ewith Bahar. Peluncuran buku ini bersamaan dengan bedah buku Panyalai karya Hilda Winar.

(Mahrus Prihany)

Related posts

Leave a Comment

16 + eight =