Peraih Penghargaan Litera akan Diumumkan 26 Mei 2018

Diskusi sastra Anugerah Litera 2017 oke

Tangerang Selatan (Litera) – Nama-nama peraih Penghargaan Sastra Litera 2018 akan diumumkan pada Sabtu 26 Mei 2018 dalam acara Tadarus Puisi di Griya Litera, Jl. Alamanda Mas No. 11, Pamulang, Tangerang Selatan. “Hadiah bagi para pemenang, berupa trofi dan uang tunai, akan diserahkan pada puncak acara HUT Portal Sastra Litera, Sabtu, 28 Juli 2018,” kata Ahmadun Yosi Herfanda, pemimpin redaksi portal sastra tersebut, seusai rapat Panitia di Kafe Roti Bakar 88 Pamulang, Kamis malam (26/4).

Puncak acara Hut Litera, tambah Ahmadun, akan diadakan di auditorium Resto Kampung Anggrek atau tempat lain di kawasan Tangerang Selatan (Tangsel). “Sebenarnya ada beberapa pihak yang menawarkan ruangannya di luar wilayah Tangsel untuk acara puncak HUT Litera. Tapi kami akan tetap memilih tempat di Tangsel,” ujarnya. “Sesuai niat awalnya, kegiatan ini antara lain untuk menggairahkan kehidupan sastra di Tangsel. Karena itu, penyerahan penghargaan Litera dengan berbagai rangkaian acaranya akan kami adakan di Tangsel,” tambahnya.

Meskipun begitu, menurut penyair tersebut, tradisi tahunan penghargaan sastra Litera tidak berarti bersifat lokal. Tradisi ini tetap bersifat nasional dan diikuti oleh para penyair serta cerpenis dari berbagai penjuru Indonesia. Tahun lalu, misalnya, ada nomine yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Bali. Peserta tahun ini juga berasal dari berbagai penjuru Tanah Air. Mereka adalah para penyair dan cerpenis yang karyanya ditayangkan pada Portal Sastra Litera (www.litera.co.id) dalam tahun 2017.

Masa penilaian
Saat ini, kata Ahmadun, dewan juri yang diketuai oleh Mustafa Ismail, dengan anggota Iwan Kurniawan dan Mahrus Prihany, sedang melakukan penilaian terhadap karya-karya sastra tersebut. Mereka akan memilih satu pemenang utama untuk puisi dan satu pemenang utama untuk cerpen, serta tiga puisi unggulan dan tiga cerpen unggulan. “Selain itu, kami juga akan memilih 22 puisi nomine dan 12 cerpen nomine,” kata Mustafa Ismail. “Puisi dan cerpen yang masuk nomine akan dibukukan bersama puisi dan cerpen pemenang utama dan unggulan penghargaan Litera,” tambahnya.

Kegiatan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini, sambung Ahmadun, akan dimeriahkan diskusi sastra, pestas baca puisi dan musikalisasi puisi, serta tausiah sastra. Acara pertama, 26 Mei 2018, akan diisi tadarus puisi dan tausiah Sastra dan Agama oleh Humam S. Chudori, karena masih dalam momentum bulan suci Ramadhan. Sedangkan puncak acara, 28 Julis 2018, akan dimeriahkan diskusi sastra, pentas baca puisi, baca cerpen, dan musikalisasi puisi.

Diskusi sastra akan mengangkat topik Sastra Politik dan Politik Sastra. Kami berencana akan mengahdirkan DR. Firman Venayaksa dan Drs. Sihar Ramses Simatupang sebagai pembicara. Sedangkan pentas baca puisi dan cerpen akan diisi para pemenang dan unggulan Penghargaan Sastra Litera 2018 serta sejumlah penyair tamu. * rls

Keterangan foto: Diskusi sastra dalam acara Penghargaan Sastra Litera 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *