PERISTIWA 

Ubai Dillah al Anshori Sabet Juara 1 Baca Puisi Nasional

JAKARTA (litera): Tanggal 26 Juli 2022 malam berlangsung sebuah perhelatan sastra yang bertempat di Gedung Teater Besar, Taman Ismail Marzuki. Perhelatan sastra ini selain merupakan acara puncak dari Taman Ispirasi Sastra Indonesia (TISI) yang bekerja sama dengan berbagai instansi, sekaligus memperingati satu abad sang legendaris sastra, Chairil Anwar.

TISI menyelenggarakan sebuah event sastra yaitu sebuah perlombaan baca puisi yang diikuti oleh peserta atau deklamator terbaik dari beberapa kota yang ada di Indonesia, salah satunya dari Padang Panjang. Peserta dari Padang Panjang ini adalah Ubai Dillah Al Anshori. Ubai berhasil menyabet juara 1 lomba baca puisi nasional pada malam itu.

Sebagai wakil Padang Panjang, Sumatera Barat, pemuda yang lahir di kota Pematang Siantar dapat melampaui hal tersebut. Secara tidak langsung, Ubai membuktikan bahwa Sumatera dapat menjadi salah satu daya pikat deklamator yang ada di Indonesia. Bahkan, tidak menutup kemungkinan memberikan ruang dan semangat kepada deklamator-deklamator muda yang ada di Sumatera Barat untuk dapat lebih bergerilya dan mampu mencapai ibu kota.

Ketua Pelaksana Oktavianus Masheka menyebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan mulai dari Februari dan tepat pada 26 Juli 2022 sebagai puncaknya.
Pada tanggal tersebut pula Chairil berumur 100 tahun. Sehingga, hal tersebut yang membuat kami harus bersatu untuk melangsungkan.

Lebih lanjut, Okta menyebutkan bahwa kegiatan ini juga terjadi ketika perbincangan dengan Pusat Dokumentasi HB Jassin. Karena, Jassin dan Chairil sebenarnya saling terkait dan saling membesarkan.

Kegiatan yang diikuti berbagai macam kalangan, bahkan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki utusan, seperti Surabaya, Bandung, Cirebon, Palembang, Lampung, Padang, Padang Panjang, Maluku, Ambon, Bogor, Jakarta, Tasikmalaya, dan masih banyak kota lainnya. Tentunya, demi memeriahkan perhelatan akbar pada 26 Juli 2022, Satu Abad Chairil Anwar. Berbagai macam acara dilakukan termasuk lomba baca puisi Chairil Anwar.

Ubai yang saat ini menjadi ketua Pelaksana Temu Penyair Asia Tenggara II 2022 di Padang Panjang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan saat di wawancarai menyatakan bahwa
Keberangkatan awalnya adalah ada kegiatan dengan Wali Kota dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang menuju Perpusnas, Kemenparekraf, dan Dirjen Kebudayaan. Dan melanjutkan mengikuti iven skala nasional di Taman Ismail Marzuki.

“Tentunya, segalanya tidak terlepas dari upaya dan doa untuk menjadi yang terbaik. 27 tahun umur Chairil meninggal, dan di umur 27 tahun pula saya membawa piala seabad Chairil ke kota Padang Panjang. Suatu kebetulan dan ini hanya guyonan mencocok cocokkan saja,” ungkapnya.

Related posts

Leave a Comment