PERISTIWA 

“Applause Dunia” untuk Teater Tanah Air

JAKARTA (litera) – Teater Tanah Air mendapat apresiasi tertinggi dalam pertunjukannya di Toyoma, Jepang, belum lama ini. Teater pimpinan Jose Rizal Manua ini meraih penghargaan “Applause Dunia”  dalam The World Festival of Children’s Performing Arts.

Usai pertunjukan, tepuk tangan menggema dari sekitar 2.000 lebih penonton, yang memadati Toyama Kenminkaikan, culture center di Toyama Prefecture, yang juga dikenal sebagai Toyama Community Hall.

Teater Tanah Air menampilkan “Spectacle Help! A Visual Theater Performance”  karya Putu Wijaya, dengan sutradara Jose Rizal Manua. Teater Tanah Air menjadi penampil keempat, di antara 17 penampil dari 17 negara di Festival Teater Anak yang berlangsung 30 Juli hingga 3 Agustus 2022 tersebut.

“Spectacle Help!”  langsung dibuka dengan tarian dan nyanyian “O Iya Iyo” yang dengan cepat menciptakan suasana happy di auditorium pertunjukan Toyama Kenminkaikan itu. Tak sampai 10 menit, penonton anak-anak meloncat-loncat kegirangan sembari bertepuk tangan. Penonton dewasa pun demikian.

Dalam festival itu Teater Tanah Air adalah satu-satunya kelompok teater dari Indonesia yang tampil di Toyama, Jepang. Grup teater dari negara lain, adalah dari Argentina, Belgia, Canada, China, Kroasia, Kuba, Czech, Mesir, Hungaria, Korea Selatan Monaco, Rusia, Thailand, Inggris, Vietnam, dan Zimbabwe.

Selain itu  juga ada penampil dari sejumlah distrik yang ada di Jepang. “Saya surprais, karena para penonton yang didominasi orang Jepang, juga warga dari berbagai negara, bisa memahami substansi dari pementasan Teater Tanah Air,” ujar Jose Rizal Manua, dalam siaran persnya kepada Litera.

Menurut siaran pers itu, pementasan “Help!” menyampaikan pesan penting untuk masyarakat dunia, yakni hentikan perang, hapus kebencian, dan ayo bersama menciptakan perdamaian. “Para pemain Teater Tanah Air dengan penuh suka-ria menari, bernyanyi, dan mengajak para penonton dari berbagai negara untuk bergandengan tangan menciptakan perdamaian,” tambah Jose, yang juga dikenal sebagai penyair yang banyak menulis puisi humor.

Pesan yang sangat kontekstual dengan situasi-kondisi dunia itu dikemas Jose Rizal Manua melalui Teater Tanah Air menjadi tontonan menarik. Apalagi yang menyuarakan pesan itu adalah anak-anak melalui pentas teater. “Help!” sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pembawa pesan perdamaian kepada dunia.

Menurut Jose, ada 32 orang pemain dan kru Teater Tanah Air yang diberangkatkan ke Toyama, Jepang, guna mendukung pertunjukan tersebut. Sebelumnya, 18 tahun yang lalu, Teater Tanah Air juga diundang untuk pentas di The World Festival of Children’s Performing Arts in Toyama Jepang.

Sebelum dibawa ke Jepang, Teater Tanah Air melakukan pertunjukan di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, selama dua hari berturut-turut, 16-17 Juli 2022.  Pertunjukan ini tanpa dipungut biaya kerana merupakan bagian dari rangkaian persiapan untuk pentas di Toyama, Jepang, @ Red/Rls

Related posts

Leave a Comment

six + twenty =