puisi 

Puisi-puisi Surya Gemilang

Surya Gemilang, lahir di Denpasar, 21 Maret 1998. Buku pertamanya adalah antologi cerpen tunggal berjudul Mengejar Bintang Jatuh (2015). Kumpulan puisi Cara Mencintai Monster (2017) adalah buku keduanya. Buku ketiganya, berupa kumpulan puisi juga, berjudul Mencicipi Kematian (2018). Karya-karya tulisnya yang lain dapat dijumpai di lebih dari sepuluh antologi bersama dan sejumlah media massa, seperti: Kompas, Suara NTB, Bali Post, Riau Pos, Rakyat Sumbar, Medan Bisnis, Basabasi.co, Litera, Tatkala.co, dan lain-lain.

Read More
puisi 

Puisi-puisi Romzul Falah

Romzul Falah, lahir di Madura, tahun 2000. Merupakan alumni Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Terate Pandian Sumenep. Sekarang tercatat sebagai salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Wiraraja Sumenep. Bergiat di Pabengkon Sastra Batuputih, UKM Sanggar Cemara, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UNIJA.  

Read More
puisi 

Puisi-puisi Alfiansyah Ramdhani

Alfiansyah Ramdhani lahir dan tinggal di karawang sejak 7 januari 1999. Berkuliah di Universitas Pembangunan Nasional “veteran” Jakarta prodi ilmu komunikasi. Founder dari lapak baca vrksa, (@lapakvrksa) sebuah komunitas yang mengadakan perpustakaan ‘alternatif” gratis juga forum diskusi di Universitas Pembangunan Nasional “veteran” Jakarta. Selain itu menjadi bagian dari komunitas sastra bersajak (@mari.bersajak).

Read More
Berita 

DKTS Gelar Seni Religi Gaung Ramadan Tangsel

TANGERANG SELATAN (Litera.co.id) – Mamasuki bulan suci Ramadan, Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) bersama Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan menggelar kesenian religi bertajuk “Gaung Ramadan Tangsel”. Kegiatan ini berlangsung setiap akhir pekan, selama bulan Ramadan, di Gelanggang Budaya Tangsel, Taman Kota 2, Jalatreng, Serpong, Tangsel, mulai pukul 15.00-18.30 WIB.

Read More
Cerpen 

Enam Jam Sebelum Berangkat

Wiviano Rizky Tantowi adalah laki-laki kelahiran Jember, 2 Juni 1998 merupakan mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Jember. Pemuda penyandang disabilitas tuna daksa tersebut, menjadi aktivis perdamaian dan toleransi di berbagai komunitas, pers mahasiswa serta pegiat literasi. Beberapa karya puisi dan cerpennya telah dimuat di media cetak maupun daring berskala lokal dan nasional. Buku puisi pertamanya yang terbit berjudul Victoria Vincit: Pemenang yang Mengalah (Pustaka Kendra,2017), dan buku keduanya berjudul Kepada Bulan Aku Bercerita (Kaifa Publishing, 2018). Saat ini, ia sedang menyelasaikan projek buku ketiganya sembari makan pisang goreng dan minum…

Read More
puisi 

Puisi-puisi Anjrah Lelono Broto

Anjrah Lelono Broto, tinggal di Trowulan-Mojokerto dan bergiat di Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA). Aktif menulis esai, cerpen, serta puisi di sejumlah media masa (berbahasa Indonesia dan berbahasa Jawa). Beberapa karya pribadi dan bersamanya adalah Syukuran (naskah monolog, 1998), Blossom In The Wind (saduran naskah teater, 1999), Lilih (antologi geguritan, 2004), Negeri Di Angan (antologi esay, 2008), Esem Ligan Randha Jombang (antologi geguritan, 2010), Orasi Jenderal Markus (naskah monolog, 2011), Pasewakan (antologi geguritan, 2012), Tasbih Hijau Bumi (antologi puisi, 2014), dan Emak, Sayak, Lan Hem Kothak-Kothak (antologi cerpen berbahasa Jawa,…

Read More
PROSA 

Hujan dan Surat untuk Bapak

Latif N. Janah, lahir Oktober 1990. Menulis cerpen dan cerita Bahasa Jawa. Karyanya “Tresan Sulaya” tergabung dalam buku Timur Gumregah, Pawon Sastra, Solo (2014). Dalam waktu dekat berencana menerbitkan karya-karyanya yang lain sambil tetap bergiat di komunitas seni dan sastra.

Read More
puisi 

Puisi-puisi Wirja Taufan

Wirja Taufan, penyair yang tercatat dalam buku Leksikon Susastra Indonesia oleh Korrie Layun Rampan (Balai Pustaka, 2000), Apa dan Siapa Penyair Indonesia (Hari Puisi Indonesia, 2017) dan dalam buku Jejak-jejak Kreatif 100 Seniman Sastrawan Sumatera Utara (Mei, 2018). Sejumlah karyanya juga termuat di sejumlah media massa dan antologi. Lahir di Medan, 15 September 1961 dengan nama asli Suryadi Firdaus.

Read More
Agenda 

Lomba Cipta Puisi Piala HB Jassin Tingkat Nasional 2019

JAKARTA (Litera.co.id) – Lomba Cipta Puisi Piala HB Jassin Tingkat Nasional 2019, dengan tema “Jakarta Dalam Puisi” ini, adalah atas kerjasama Bengkel Deklamasi Jakarta dengan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dan Pemda DKI Jakarta. Berlangsung dari tanggal 15 Oktober 2019. Di Halaman Teater Kecil- Taman Ismail Marzuki. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928-2019.

Read More