Agenda 

Pondok Pesantren La Tansa Gelar International Literary Festival 2019

BANTEN (Litera.co.id) – Kegiatan La Tansa Literary Festival (LILFEST) akan digelar di Pondok Pesantren La Tansa Parakansari Lebak, Banten, Indonesia, pada tanggal 6-8 September 2019 mendatang. Kegiatan LILFEST yang digagas Rifa’i Center (RICE) ini akan mengundang dan menghadirkan para sastrawan dan budayawan dari Indonesia dan luar negeri.

LILFEST merupakan festival sastra tingkat internasional yang melibatkan sejumlah penyair, sastrawan, budayawan, dan cendekiawan ternama dari mancanegara untuk menggali bersama khazanah kesusastraan dunia dan membangun kreativitas kaum santri dan dinamika kehidupan pesantren.

LILFEST ini mengusung tema “Islam in Global Literature” dan diharapkan menjadi sarana interaksi para tokoh sastra mancanegara dengan para santri di Pondok Pesantren La Tansa, sekaligus memberi motivasi dan berbagi cerita tentang proses kreatif penciptaan karya sastra.

Agenda kegiatan LILFEST ini meliputi Poetry Reading, Literary Lecture, The Culture Talkshow, Building Writing Skill, Study Orientation, dan Performance Art. Pada Jumat malam (6/9) akan ditampilkan Pembacaan Puisi Kolosal Berbahasa Arab, Gambus Milenial La Tansa, dan atraksi pembacaan puisi oleh para penyair, antara lain Mahroso Doloh, Amien Kamil, Sosiawan Leak, Isbedy Stiawan ZS, Anwar Putra Bayu, Imam Ma’arif, Abidah El Khalieqy, dan lain-lain.

Hari Sabtu (7/9) diadakan diskusi (sesi pertama) bertajuk “Sufisme dan Sastra Islam” bersama Prof. Dr. Abdul Hadi WM, Dr. Shamsudin Othman, KH. D Zawawi Imron, dan Dr. Djamal Tukimin. Selepas makan siang, diadakan diskusi (sesi kedua) bertajuk “Para Perintis Sastra Islam Dunia” bersama Sutardji Calzoum Bachri, Prof. Dr. Zefri Ariff, Dr. Mohamad Saleeh Rahamad, dan Ahmadun Yosi Herfanda. Kemudian dilanjutkan diskusi (sesi ketiga) bertajuk “Modernitas dan Sastra Islam” bersama Prof. Dr. Nik Rakib Nik Hassan, Dr. Herdi Sahrasad, Sheikh Mansor Sheikh Mohamad, dan Dr. Nurman Kholis.

Sabtu malam (7/9) digelar pembacaan Puisi Kolosal Berbahasa Inggris oleh Komunitas Ngaji Sastra dan Teater La Tansa. Dan dimeriahkan hugs dengan pembacaan puisi oleh para penyair, antara lain Chavchay Syaifullah, KH. D Zawawi Imron, Zefri Ariff, Djamal Tukimin, Ahmadun Yosi Herfanda, Asrizal Nur, Sutardji Calzoum Bachri, Jose Rizal Manua, dan lainnya.

Kegiatan LILFEST akan berakhir pada Minggu (8/9) dengan melakukan kunjungan ke “Negeri Awan” di Citorek dan ke kawasan Pemandian Air Panas di Cipanas. (R)

Related posts

Leave a Comment

fourteen + 8 =