Berita 

DKTS Adakan Workshop Penulisan Puisi

Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan mengadakan acara workshop penulisan puisi hari kamis tanggal 31 Maret bertempat di Resto Kampung Anggrek, Buaran, Serpong.

Tema workshop yang diusung adalah Sastra Menyapa Sekolah dan Kampus: mengajar dan berkarya adalah indah.

Workshop ini sebenarnya telah dirancang oleh DKTS sejak periode sebelumnya, hanya saja acara baru bisa terealisasi pada periode sekarang (2015-2020)

Menurut ketua DKTS H.Shobir Purwanto atau yang sering dipanggil HSP, yang juga bertindak selaku pengisi materi workshop, acara ini ditujukan untuk para guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA Negri kota Tangsel.

“Ini adalah acara workshop pertama kali yang diadakan DKTS dan Dinas Pendidikan, jadi pada tahap awal ini kita tujukan terlebih dahulu untuk guru-guru SMP dan SMA Negri, selanjutnya nanti acara workshop akan berlanjut untuk guru SMP dan SMA swasta kota Tangsel,” jelas HSP saat dihubungi awak Litera.

Workshop diikuti oleh 20 peserta dari sekitar 21 SMP dan 12 SMA Negri yang ada di kota Tangsel. Meski tak seluruh undangan bisa hadir dikarenakan sosialisasi yang belum maksimal, tetapi tak mengurangi antusiasme peserta selama berlangsungnya acara. Semua peserta terlibat aktif.

Acara dimulai pukul 15.30 dengan dibuka musikalisasi dan pembacaan puisi juga monolog oleh komunitas Sarang Matahari dan Komunitas Sastra Indonesia Tangsel. Para peserta workshop terlihat begitu menikmati penampilan dua komunitas seni dan sastra tersebut.

Dalam acara workshop yang berjalan interaktif tersebut, para peserta diminta langsung untuk menulis puisi setelah sebelumnya pemateri memberi penjelasan teoritik tentang penulisan puisi. Semua peserta berhasil menulis puisi yang kemudian dikumpulkan pada panitia. Rencananya puisi-puisi tersebut akan didokumentasikan.

Acara berakhir tepat sebelum maghrib. Menurut HSP workshop akan diadakan kembali pada tanggal 14 April.

 

Mahrus Prihany

 

 

 

Related posts

Leave a Comment