Berita 

BENGKEL MUSIKALISASI PUISI DI PANDEGLANG

PANDEGLANG (litera) — Sejak dicanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) tahun 2016, Kantor Bahasa Provinsi Banten telah melaksanakan kegiatan implementasi praktik baik literasi berupa sayembara penulisan bahan bacaan, bengkel bahasa dan sastra. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengembangkan budaya literasi. Pengembangan budaya literasi dilakukan melalui pendidikan yang terintegrasi mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat sebagai prasyarat kecakapan hidup di abad ke-21.

Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting, tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat. Enam literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan literasi budaya serta kewargaan.

Salah satu implementasi praktik baik literasi adalah bengkel alih wahana sastra berupa musikalisasi puisi. Kemerduan bunyi puisi jika dipadukan dengan musik akan semakin indah. Paduan keindahan puisi dan kemerduan musik itulah yang dikenal dengan musikalisasi puisi. Didasari keinginan untuk memberikan wadah penyaluran kreativitas siswa tersebut, Kantor Bahasa Provinsi Banten akan menyelenggarakan kegiatan Bengkel Alih Wahana Sastra (Musikalisasi Puisi) bagi Generasi Muda di Kabupaten Pandeglang Tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan, memahamkan, dan menumbuhkan sikap positif generas muda terhadap musikalisasi puisi, serta memberi wadah penyaluran bakat dan kreativitas di bidang sastra, khususnya musikalisasi puisi.

Kegiatan Bengkel Alih Wahana Sastra (Musikalisasi Puisi) bagi Generasi Muda diselenggarakan selama 3 hari mulai hari Selasa 22 Februari sampai dengan Kamis 24 Februari 2022 di Hotel Rizki Pandeglang. Acara dibuka oleh Asisten Daerah Kabupaten Pandeglang, Drs. H. Ramadani, M.Si. pada pukul 09.00 WIB. Pada kesempatan ini, 50 siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Pandeglang mengikuti kegiatan secara luring (offline) dan 25 siswa secara daring (online). Mereka berasal dari Kabupaten Pandeglang yakni SMAN 4, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 10, SMAN 11, SMAN 12, SMKN 1, SMKN8, MAN 2, dan MAN 4. Lima sekolah lainnya berasal dari luar Pandeglang yakni SMAN 1 Rangkasbitung, SMKN 1 Rangkasbitung, SMAN Bayah, SMKS Perbankan Yaris, dan SMKS Utama Insani.

Tiga narasumber yaitu Firman Hadiansyah, Adhitya Angga Pratama, dan Wahyudin memberikan materi tentang puisi, musik, dan musikalisasi puisi. Selain memberikan materi berupa teori, ketiga narasumber mendampingi para peserta selama 3 hari pelatihan untuk melakukan praktik langsung pembuatan musikalisasi puisi yang akan ditampilkan pada hari penutupan. Para peserta bengkel alih wahana sastra ini diharapkan dapat melanjutkan kegiatan mereka dengan mengikuti lomba Musikalisasi Puisi tingkat Provinsi yang rutin diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Banten dan menjadi perwakilan provinsi pada ajang nasional di Puncak Acara Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2022. @ rls

Related posts

Leave a Comment

two × 4 =