400 Puisi untuk Bogor

bogor

Litera.co.id- Sejak diumumkan kepada khalayak beberapa bulan yang lalu, banyak penyair telah mengirimkan puisi mereka tentang Bogor. Puisi-puisi tersebut dikirim oleh banyak penyair dari seluruh Indonesia, tak hanya mereka yang berdomisili di Bogor. Ada sekitar 400 lebih puisi yang terkumpul saat batas waktu pengiriman naskah ditutup pada tanggal 15 April lalu.

“Sekitar 400 puisi terkumpul di arsip saya dan mbak Rida. Puisi-puisi tersebut dikirim oleh sekitar 205 penyair yang telah kami umumkan nama-namanya di media sosial beberapa waktu lalu. Ada yang mengirim hanya 1 puisi, tetapi kebanyakan mereka mengirim dua puisi. Puisi-puisi tersebut telah kami serahkan pada tim kurator,” terang Willy Ana pada litera. Willy Ana dan Rida Nurdiani dipercaya sebagai tim pengumpul naskah.

Selanjutnya puisi-puisi tersebut masuk ke tim kurator yang terdiri dari Ahmadun Yosi Herfanda, Mustafa Ismail, dan Rd. Ace Sumanta. Menurut tim kurator sangat mungkin jika tak semua puisi tersebut lolos kurasi meski pengirim puisi adalah para penyair yang sebagian besar telah dikenal oleh publik.

Menurut salah seorang kurator yang juga ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Bogor (DK3B) Rd. Ace Sumanta puisi tentang Bogor tersebut dimaksudkan untuk memperingati hari jadi Bogor. Rencananya buku antologi puisi tentang Bogor tersebut akan diluncurkan pada awal Juni tahun ini yang bertepatan dengan bulan puasa. (Mahrus Prihany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *