Litera Gelar Tadarus Puisi

34300137_2109107535770782_580983593384280064_n

Tangsel (litera.co.id)- Portal sastra Litera.co.id adakan buka bersama dan tadarus puisi pada hari Sabtu (2/6). Acara ini diselenggarakan di rumah sastrawan Ahmadun Yosi Herfanda yang juga merupakan pimpinan umum dan pimpinan redaksi portal sastra ini yang terletak di bilangan Pamulang, kota Tangerang Selatan.

Sekitar 25 orang hadir pada acara tersebut. Nampak beberapa yang hadir berasal dari kota lain seperti Bogor dan Depok. Acara dibuka sekitar pukul 16.00 dengan pemandu Mahrus Prihany yang sehari-hari bertindak selaku redaktur pelaksana Litera.

“Sebenarnya acara ini adalah rangkaian dari acara penghargaan sastra Litera. Jadi ini semacam pra acara. Puncak penghargaan sastra Litera sendiri rencana akan digelar pada 27 Juli 2018,” terang Ahmadun saat memberikan sambutan pembuka. Ahmadun menambahkan jika ini adalah anugrah atau penghargaan sastra. Penghargaan sastra Litera pertama digelar tahun 2017 lalu. Ahmadun juga mengucapkan terima kasih pada Bhakti Budaya Djarum Fondation yang telah menjadi sponsor dan memberikan dukungan pada acara penghargaan sastra Litera ini.

Setelah sambutan pimpinan umum, acara kemudian dilanjutkan dengan tadarus atau baca puisi. Pembaca puisi pertama adalah Iman Sembada lalu disusul Zham Sastera dan rekan-rekan yang berasal dari FLP Ciputat. Satu persatu yang hadir membaca puisi seperti Afan FLP Ciputat yang membacakan dua puisi, satu puisi karya sendiri dan satu puisi lagi karya kakaknya yang ia dedikasikan untuk sang kakak. Asrizal Nur, ketua harian Dewan Kesenian Depok yang hadir juga tampil membaca beberapa puisi. Disusul oleh Heryus Saputro, Yusuf Susilo Hartono, Willy Ana, dan Rd. Ace Sumanta yang adalah ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor.

Acara tadarus puisi diakhiri sementara pada pkl 17.30. Sastrawan Humam S. Chudori lalu memberi tausiah sastra sambil menanti buka puasa. Humam mengangkat peran sastra dalam masa Rasulullah hingga adzan maghrib untuk kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan salat maghrib.

Pada pkl 19.00 acara dilanjutkan dengan pembacaan nominee atau unggulan untuk penghargaan sastra Litera 2018. Tim dewan juri yang terdiri dari Mustafa Ismail, Iwank Kurniawan, dan Mahrus Prihany membacakan nama-nama unggulan yang masuk untuk kategori puisi dan cerpen. Selesai pembacaan unggulan, acara dilanjutkan dengan tadarus puisi lagi. Teguh wijaya, Saifullah S atau yang dikenal dengaan Pilo Poly, Ratih Purnama Sari, Dila Munasari, Kachonk Edi tampil baca puisi sebelum acara ditutup dengan sesi foto bersama pada pkl 20.00 WIB (R).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *