Novelis Terlaris Indonesia Bongkar Rahasia

kang abik

Sosok novelis laris, Habiburrahman el-Shirazy, masih menjadi daya tarik acara sastra. Usai mengisi seminar di Sukabumi, novelis Ayat-ayat Cinta ini dikerubuti peserta. Seperti biasa, mereka meminta tanda tangan pada novelis terlaris di Indonesia itu.

Dalam seminar di Universitas Muhammadiyah, Sabtu 26 Maret, novelis yang akrab dipanggil Kang Abik itu membongkar rahasia sukses dalam menulis novel mega bestseller Ayat-ayat Cinta. “Ini sebenarnya ilmu yang saya dapatkan dari pak Ahmadun,” aku Kang Abik

Menurutnya, kiat menulis novel dapat dimulai dari menemukan persoalan yang menarik bagi pembaca. Dari sini kemudian dapat menciptakan karakter (tokoh) yang terlibat di dalam persoalan tersebut. Setelah karakter diciptakan, barulah persoalan dikembangkan dalam plot (narasi) yang memikat, latar atau setting yang hidup, dan sudut pandang yang memudahkan pembaca untuk mengikuti seluruh jalan cerita.

“Saya sebenarnya tidak pernah mengajarkan apa-apa pada Kang Abik,” kata Ahmadun Yosi Herfanda, yang tampil sebagai pembicara pada sesi berikutnya. “Ketika bertemu dalam sebuah diklat penulisan kreatif di Kairo sekitar delapan tahun yang lalu, saya hanya mendoakan dan diam-diam meniupkan mantra man jadda wa jadda ke kepala Kang Abik. Alhamdulillah, Kang Abik sukses,” tambahnya bernada kelakar.

Seminar itu diadakan oleh HIMA SATRASIA Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Habiburrahman El Shirazy adalah penulis novel mega bestseller Ayat-Ayat Cinta, serta novel Ketika Cinta Bertasbih dan Dalam Mihrab Cinta. Adapun Ahmadun dikenal sebagai penulis kumpulan puisi Sembahyang Rumputan.

Mewarnai kegiatan itu juga diadakan Lomba Cipta Cerpen untuk Siswa SMP dan SMA/Se-KoKab Sukabumi. dan Lomba Baca Puisi untuk Siswa SMP dan SMA/Se-KoKab Sukabumi. [RL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *