Majalah Tempo Gelar Pemilihan Tokoh Sastra 2016

perpustakaan-buku

Litera (Jakarta)- Majalah Tempo akan adakan pemilihan tokoh sastra 2016. Para sastrawan dan penerbit bisa mengikuti gelaran tahunan majalah Tempo ini dengan mengirim karya sastra mereka dalam bentuk buku puisi, cerpen, dan novel. Buku-buku yang dikirimkan terbitan rentang 1 Desember 2015-30 November 2016.

Berikut kriteria khusus buku sastra yang bisa dikirim

 

  • Buku dalam bentuk cetak, bukan buku elektronik
  • Buku merupakan karya pengarang tunggal, bukan antologi bersama
  • Buku berupa karya sastra dalam bentuk puisi, cerpen, dan novel
  • Ditulis dalam bahasa Indonesia ( bisa dwi bahasa: Indonesia dan bahasa lain)
  • Batas pengiriman tanggal 15 November 2016

 

Pemilihan tokoh sastra majalah Tempo tidak didasarkan pada figur atau profil sang sastrawan, tetapi akan dipilih berdasarkan karya sastra yang masuk ke panitia pemilihan dari majalah Tempo. Karya sastra dalam bentuk buku yang masuk tidak harus buku cetakan pertama tetapi bisa juga buku cetakan kedua, ketiga dan seterusnya sepanjang cetakan pertama (terbit pertama kali) dalam rentang yang memenuhi kriteria di atas.

Pemilihan tokoh sastra majalah Tempo ini merupakan ajang tahunan yang diadakan majalah Tempo. Karya sastra dari pemenang terpilih adalah dalam genre prosa dan puisi. Selain itu Tempo juga akan memilih buku sastra yang direkomendasikan untuk dibaca. Pada tahun 2015 buku Puya ke Puya karya Faisal Oddang terpilih oleh ajang ini untuk bentuk prosa. Triyanto Triwikromo dengan buku Kematian Kecil Kartosoewirjo terpilih untuk genre puisi. Sementara untuk buku sastra yang direkomendasikan untuk dibaca adalah si Janggut mengencingi Herucakra (A.S. Laksana), Harakah Haru (Iswadi Pratama), Teras Mardi (Mardi Luhung), dan Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi (Eka Kurniawan).

Bagi para pegiat sastra tanah air tentu sangat diharapkan agar bisa mengikuti gelaran ini. Karya bisa dikirim ke redaksi seni majalah Tempo, Gedung Tempo, jl. Palmerah Barat, no: 8, Jakarta. 12210.

Untuk informasi dan kontak anda bisa hubungi Nurdin Kalim (0812 8033 557), Kurniawan (0812 8679 8666), atau Mustafa Ismail (0852 8999 4003). Ingat batas waktu pengiriman adalah tanggal 15 November 2016. (Mahrus Prihany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *