PPN 

Dinas Kebudayaan DKI Siap Dukung  Pelaksanaan PPN XIII di Jakarta

JAKARTA (litera) — Bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XIII akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan November 2025. Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana telah menyatakan kesediaannya untuk mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan PPN. “Kami akan memfasilitasi pelaksanaan PPN XIII. Kita usahakan anggaran untuk itu,”  katanya.

Kesediaan itu disampaikan oleh Kepala Disbud DKI kepada Panitia Indonesia untuk PPN, Ahmadun Yosi Herfanda, dan pengurus Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Imam Ma’arif serta Hasan Aspahani, dalam rapat koordinasi antara Disbud DKI dengan DKJ dan beberapa komunitas serta sanggar seni Betawi, di kantor Disbud DKI, belum lama ini.

Dalam pelaksanaan PPN XIII, DKJ akan bekerja sama dengan sejumlah komunitas sastra, antara lain Komunitas Sastra Indonesia (KSI), Yayasan Hari Puisi (YHP), Masyarakat Sastra Jakarta (MSJ), dan Yayasan Cakra Budaya. “Kalau bisa, kita ajak kawan-kawan komunitas lain di kepanitiaan maupun peserta, agar ada sinergi antara pengayom sastra dengan komunitas sastra,” kata Imam Ma’arif.

Menurut rencana, seperti tertuang pada proposal acara, beberapa acara utama PPN XIII akan dilaksanakan di Taman Ismail Merzuki (TIM), dan acara pendukungnya akan diadakan di PDS HB Yassin, Badan Bahasa Kemendibudrustek, dan Monomen Nasional (Monas).

Berbagai acara akan mewarnai PPN XIII, seperti pertunjukan tari Betawi, orasi sastra, diskusi sastra, orasi sejarah budaya, wisata sastra, wisata sejarah, penerbitan antologi puisi penyair nusantara, bazar buku sastra, dan pergelaran baca puisi oleh para penyair terkemuka dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Timur Laste, dan Filipina.

Sejak dicanangkan di Medan pada 2007 PPN telah digelar di lima negara dan beberapa kota di Indonesia secara bergiliran, antara lain di Malaysia (dua kali), Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Medan, Kediri, Jambi, Palembang, Tanjung Pinang, Kudus, dan Banten. Sesuai keputusan musyawarah PPN Kuala Lumpur, Jakarta menjadi tuan rumah PPN XIII. Sedangkan PPN IV direncanakan akan dilaksanakan di Pelembang atau Kendari.  @ lit/red

Related posts

Leave a Comment

four + 10 =