Sabtu Bersama Pelajar

17022255_1603104259704448_8901333109657044488_n

Litera.co.id (Mojokerto)- Sekitar lima puluh pelajar memadati salah satu ruang perpustakaan kabupaten Mojokerto pada hari Sabtu (4/3). Mereka adalah para pelajar dari SMPN 1 Sooko. Dengan didampingi empat guru, para pelajar tersebut dengan antusias yang begitu tinggi mengikuti “Kelir” atau kelas literasi remaja yang beberapa bulan terakhir ini sedang digiatkan di Mojokerto.

Kelas literasi remaja ini adalah program pengembangan sastra dan literasi yang dibidani oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto. Edisi Sabtu kemarin adalah edisi ke-6. Kali ini yang dibahas adalah kelas menulis cerpen dengan tema kearifan lokal.

Acara yang dimulai pada sekitar pukul 08.00 tersebut dipandu oleh Nurmansyah dengan menghadirkan pemateri Anggi Putri W, seorang cerpenis muda dan pegiat sastra Jombang. Para pelajar terlihat begitu antusias sepanjang acara. Acara juga dikemas secara interaktif dan komunikatif yang makin membuat para pelajar tanpa ragu dan malu mengekspresikan gairah sastra mereka. Banyak pertanyaan dan tanggapan mewarnai acara. Para pelajar juga sangat begitu ekspresif ketika tampil di depan untuk membaca puisi. Betapa terlihat jika sesungguhnya para pelajar itu memiliki minat yang tinggi pada sastra dan literasi. Setengah hari serasa tak cukup saat mereka harus mengakhiri acara tersebut pada siang saat mentari telah bergeser dari titik tengah.

Saat dihubungi awak Litera.co.id, Indra T Kurniawan bertekad Kelir edisi 6 ini bisa berkelanjutan seperti halnya acara “terminal sastra” yang telah mencapai edisi 33. Lelaki yang memiliki minat dan perhatian yang sangat serius pada literasi ini juga bertekad mengembangkan kelas literasi untuk anak. Indra yang kini menjabat sebagai sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto sejak 31 Desember 2016 ini adalah sosok yang menggerakan acara-acara literasi ini. Sebelumnya sebelum terjadi perubahan struktur dari kantor menjadi dinas, Indra menjabat sebagai kepala kantor perpustakaan arsip dan dokumentasi kabupaten Mojokerto. Indra telah menggiatkan literasi cukup lama dan ia juga sering bekerja sama dengan para pegiat seni, sastra, dan literasi di Mojokerto.

“Dengan melihat respon yang antusias dari peserta maupun guru pendamping, saya optimis kelas literasi akan terus bergerak dan mengalami perkembangan, dan suatu saat semoga ada lompatan jauh ke depan bagi kemajuan literasi di kabupaten Mojokerto,” kata Indra penuh semangat pada Litera. Komitmen Indra yang tinggi tentu layak diberi apresiasi. Ia juga selalu mengikuti acara literasi ini meski sering digelar pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu yang sebenarnya adalah hari libur. (Mahrus Prihany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *