FLP Jakarta Raya Gelar Pengajian Sastra

FLP

Litera.co.id (Jakarta)- Forum Lingkar Pena (FLP) wilayah Jakarta Raya mengadakan pengajian sastra pada hari Ahad (21/5). Acara rutin tiga bulanan ini diikuti beberapa cabang FLP yang tersebar di wilayah Jakarta Raya seperti FLP Bogor, Bekasi, Depok, dan FLP Jakarta sendiri. Tema yang diangkat dalam acara kali ini adalah “Buku, Puisi, dan Kebangkitan Nasional” karena momentumnya tepat dengan Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati setiap tahun.

Kurnia Effendi atau yang disapa mas Keff, penulis yang aktif di KSI dan FLP turut memeriahkan acara ini. Mas Keff tampil sebagai pembicara di depan para pengunjung yang hadir di Gedung Balai Pustaka, Matraman, Jakarta.

“Komunitas ini bisa menjadi pasar yang sangat strategis untuk karya yang diciptakan. Pegang terus prinsip kebaikan yang jadi komitmen kita dan komunitas. Penulis dan komunitas itu saling membesarkan, saling memberi keuntungan,” tegas Keff.

Keff berpesan kepada anggota FLP untuk tetap konsisten menulis. “Tulislah sesuatu yang mampu mengubah dunia. Bergeraklah sekecil apapun itu. Tumbuh dan berkembanglah.”

Menurut Keff, karya sastra berpengaruh untuk mengubah suatu keadaan menjadi sebuah sejarah agar tidak hilang begitu saja. Karya sastra akan menjaga warisan sejarah sehingga ada rekam jejak yang dapat dipelajari oleh generasi selanjutnya.

Mirza Ahmad Herviko, pembicara lain yang mendampingi Keff dan perwakilan Balai Pustaka mengatakan jika generasi muda bisa meniru pola yang diterapkan pesantren untuk meningkatkan minat baca.

“Para santri membaca satu hari satu halaman, namun itu rutin. Ini bisa kita tiru untuk meningkatkan minat baca terlebih untuk anak-anak,” terangnya.

Diskusi tersebut berjalan cukup interaktif karena para pengunjung juga turut aktif bertanya dan berkomentar.

Acara dilanjutkan parade puisi dengan pembacaan puisi secara bergilir. Para anggota FLP yang hadir ada yang membacakan puisi karya pribadi dan ada pula yang membaca puisi Chairil Anwar. (R)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *