PP Parmusi Umumkan Para Pemenang Cipta Puisi Qurani

14492525_1424181470930062_2123684521520819215_n

Litera (Jakarta)– Pengurus Pusat Persaudaraan Muslimin Indonesia (PP Parmusi) hari ini telah mengumumkan nama-nama pemenang lomba gelar cipta puisi qurani 2016, Minggu 25/9. Ada seratus nama pemenang yang dipilih setelah melalui seleksi oleh dewan juri yang dilibatkan pada lomba ini.

Lomba gelar cipta qurani yang dibuka untuk umum dan ditutup pada tgl 16 September pkl 00.00 tersebut telah menarik perhatian para penyair dan pegiat sastra tanah air. Ada 1.195 puisi yang masuk pada panitia. Menurut ketua Departemen Seni dan Budaya PP Parmusi Chavchay Syaifullah sebenarnya masa penerimaan naskah puisi yang masuk ke panitia relatif singkat. Dalam pantauan Litera sendiri memang tergolong singkat, hanya satu bulan terhitung sejak PP Parmusi mengumumkan lomba gelar cipta puisi qurani pertengahan bulan agustus lalu.

Dewan juri lomba ini terdiri dari Prof Dr. Abdul Hadi WM, Sastrawan dan guru besar universitas Paramadina, Prof Maman S. Mahayana, kritikus sastra tanah air, dan Chavchay Syaifullah, Ketua Departemen Seni dan Budaya PP Parmusi yang juga merupakan ketua umum Dewan Kesenian Banten (DKB). Dewan juri harus berusaha keras menyeleksi puisi yang masuk mengingat waktu yang disediakan relatif tidak lama, hanya sepuluh hari.

“Sebagai penyelenggara kami merasa bahagia atas respon baik para pecinta puisi Indonesia. Kami merasa kegiatan ini memiliki dua peran yang strategis, pengembangan puisi Indonesia yang bernuansa relijius dan pembumian al-Quran dengan cita rasa seni yang inovatif,” jelas Ketua Departemen Seni dan Budaya Parmusi, Chavchay Syaifullah melalui  keterangan tertulisnya, Minggu (25/9/2016).

Usamah Hisyam, ketua umum Parmusi bertekad bahwa lomba ini akan digelar setiap tahun untuk menambah materi dakwah bagi Parmusi.

Lomba cipta puisi Qurani 2016 ini diadakan dalam rangka Milad Parmusi yang ke-17. Selanjutnya 100 pemenang yang terpilih puisinya ini akan dicetak dalam buku dan akan diluncurkan pada perayaan milad Parmusi ke-17 yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 1 Oktober di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Daftar seratus nama pemenang lomba cipta puisi qurani bisa anda lihat di parmusinews.com

(Mahrus Prihany)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *