Geliat Literasi di Kota Khatulistiwa

flp3

Litera.co.id (Pontianak)- Dunia literasi di Pontianak semakin menggeliat. Hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan berbagai komunitas tulis-baca di Ibukota provinsi Kalimantan Barat dalam lima tahun terakhir ini. Selain itu, kini marak diadakan berbagai acara literasi.

“Kemarin baru saja diadakan bedah buku dan bazar buku selama lima hari, bertempat di halaman Kantor Komisi Yudisial Republik Indonesia,” ujar Ketua Subsektor Literasi Rumah Muda Kreatif (RumAktif) Kota Pontianak, Vivi Al-Hinduan.

Vivi sangat optimis, ke depan, dunia literasi di Kalbar-khususnya Kota Pontianak, akan semakin berkembang, mengingat saat ini begitu antusiasnya para generasi muda Pontianak mengikuti berbagai kelas kepenulisan yang diadakan oleh komunitas-komunitas itu.

Tanggal 18 Mei kemarin, Vivi Al-Hinduan mengisi acara Bincang Sastra di Halaman Kantor Komisi Yudisial yang diinisiasi oleh teman-teman Lembaga Pers Mahasiswa Untan.

“Temanya adalah ‘Menulis Nonfiksi dengan Gaya Fiksi’, agar tulisan yang dihasilkan para jurnalis kampus ini renyah dan enak dibaca seperti tulisan para wartawan fitur,” imbuhnya.

Menurut ia, tantangan terbesar yang dihadapi para mahasiswa dalam menghasilkan sebuah tulisan atau artikel nonfiksi adalah bahasa akademis yang terlampau ‘sesak’ dalam tulisannya sehingga tulisan menjadi ‘berat’ dan tidak mengalir. Vivi menyarankan agar mereka banyak membaca karya fiksi dan nonfiksi dari seorang mantan wartawan senior sekaligus penulis terkenal Indonesia, Seno Gumira Ajidarma.

 

Rumah Muda Kreatif Ikut Berpartisipasi di Kalbar Book Fair 2017

 

Ajang literasi tahunan termegah di Kalimantan Barat, Kalbar Book Fair 2017 rencananya akan digelar September 2017 mendatang. Seperti tahun lalu, kemungkinan ajang bergengsi dunia literasi Kalbar tahun ini juga akan diadakan di Rumah Radangk. Berbagai penerbit lokal dan nasional akan ikut serta dalam ajang tahunan ini. Panitia juga akan mengundang para penulis lokal dan nasional untuk mengadakan diskusi sastra sepanjang pameran berlangsung.

“Insya Allah, Subsektor Literasi RumAktif Pontianak akan ambil bagian tahun ini,” pungkasnya. (MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *