Rekomendasi Hasil Munsi II Tahun 2017

IMG-20170720-WA0020-001

Litera.co.id – Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (Munsi) II yang digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, tanggal 18-20 Juli 2017 menghasilkan 20 rekomendasi. Rekomendasi yang disusun oleh Tim Perumus yang diketuai Ahmadun Yosi Herfanda dan dibacakan oleh Maman S. Mahayana.

Rekomendasi merupakan hasil dari diskusi yang berkembang, baik dalam sidang panel maupun kelompok. “Badan Bahasa perlu berkoordinasi dengan atase kebudayaan di perwakilan Indonesia di seluruh dunia untuk memperkenalkan sastra Indonesia melalui pengajaran Bahasa Indonesia, mencari dan memanfaatkan jaringan dan kegiatan sastra internasional,” ucap Maman S. Mahayana saat membacakan rekomendasi, Kamis (20/7).

Selanjutnya, Maman S. Mahayana menyerahkan rumusan hasil Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia II itu kepada Gufron Ali Ibrahim selaku Kepala Pusat Pembinaan.

Selain itu, rekomendasi yang dihasilkan antara lain Badan Bahasa perlu memberikan penghargaan sastra setingkat Asia Pasifik, Badan Bahasa melaksanakan Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (Munsi) tiga tahun sekali, dan Badan Bahasa perlu mengadakan Kongres Sastra Indonesia setiap lima tahun sekali.

(Iman Sembada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *