Malam Pembukaan PPN X di Banten Meriah

P71215-211227-001

BANTEN (Litera.co.id) – Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) X yang digelar oleh Dewan Kesenian Banten (DKB) resmi dibuka pada Jumat (15/11) malam. Gelaran tahunan yang bertema “Puisi untuk Perdamaian Dunia” berlangsung tanggal 15-17 Desember 2017, di eks. Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang. Gelaran ini diikuti oleh penyair-penyair dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

DKB tampak bersungguh-sungguh menyelenggarakan event tahunan ini. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Engkos Kosasih Samanhudi hadir membacakan teks pidato gubenur Banten, Wahidin Halim, yang berhalangan hadir karena sudah ada agenda yang direncanakan.

Penyair peserta PPN X disuguhi beberapa atraksi Kesenian Banten. Salah satu kesenian yang menjadi jati diri Banten yakni debus turut ditampilkan. “Puisi harus menjadi alat untuk menyampaikan suara-suara perdamaian di dunia,” ujar Ketua DKB Chavcay Saefullah dalam sambutannya.

Setelah itu beberapa penyair tampil membacakan puisi. Penyair Indonesia yang tampil tadi malam yakni Sutardji Calzoum Bachri dan Sosiawan Leak. Tak ketinggalan penyair-penyair dari Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand juga tampil baca puisi hingga suasana malam pembukaan PPN X berlangsung meriah. (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *