Berita 

Padang Panjang Salurkan Donasi

Padang Panjang (litera.co.id)- Forum Pegiat Literasi (FPL) Padang Panjang dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, Sabtu (26/5), menyalurkan bantuan sembako, uang, takjil ‘pabukoan’ dan berbuka puasa di rumah warga prasejahtera di Padang Panjang.

Rumah pertama yang dikunjungi adalah rumah Bapak Mahyudin, 80 tahun, warga Jalan Pelita No. 60, Kubu Cubadak, Koto Panjang, Kota Padang Panjang.

Lelaki lanjut usia yang tidak mempunyai pekerjaan ini, setia merawat istrinya yang sedang terbaring sakit, Ibu Suma, 78 tahun. Kondisi rumah yang mereka tempati sangat memprihatinkan.

Ibu Suma tampak tertidur pulas di sebuah tilam kapuk tanpa dipan, beralas tikar usang. Di tengah keterbatasan, Bapak Mahyudin memenuhi segala kebutuhan istrinya yang telah pikun.

Penyakit di kaki yang diderita Ibu Suma membuat perempuan itu hanya bisa beraktivitas di kasur saja, tidak dapat bergerak ke mana-mana. Hanya kesetiaan merawat cinta mereka. Suami istri itu tinggal berdua di rumah yang jauh dari kesederhanaan.

Tim Forum Pegiat Literasi (FPL) Padang Panjang berkunjung, bersilaturahmi, ke rumah Bapak Mahyudin, menyerahkan bantuan Sembako untuk bekal berbuka puasa dan sahur. Sedikit nilainya, namun mudah-mudahan dapat sedikit mengembangkan senyum kebahagiaan pasangan suami istri itu.

Rumah kedua yang dikunjungi FPL adalah rumah prasejahtera di Desa Kubu Gadang. Ansyaharma, 54 tahun, kepala keluarga di rumah itu, dulunya bekerja sebagai tukang jahit pakaian, tetapi pekerjaan itu tidak dapat lagi ia lakukan sebab keadaan, sehingga sekarang ia tak lagi bekerja.

Istrinya, Yeni Meldia, 40 tahun, membantu ekonomi keluarga dengan bekerja sebagai petani upahan di sawah orang lain. Pasangan suami istri ini mempunyai dua orang anak, Farhan, 13 tahun, dan Adit, 10 tahun.

Kedua anak mereka suka membaca, sering datang ke Pustaka Desa Kubu Gadang, untuk membaca buku. Farhan pintar bersilat, salah satu kader pesilat Silek Lanyah yang merupakan olahraga tradisi di desa itu. Sementara Adit menyukai pelajaran bahasa Inggris

Keluarga ini tinggal di rumah nenek mereka yang telah berusia 85 tahun (nenek) dan 90 tahun (kakek).

Tim FPL Padang Panjang menyerahkan bantuan buku yang bersumber dari buku wakaf, memberikan bantuan uang untuk bekal sahur, dan membawakan nasi bungkus serta ‘pabukoan’ dan Tim FPL berbuka puasa bersama keluarga ini.

Bantuan-bantuan yang diserahkan FPL-DPK Padang Panjang seluruhnya bersumber dari donasi para donatur dari Padang Panjang maupun luar Kota Padang Panjang. FPL menargetkan hingga akhir Ramadhan dapat mengunjungi dan memberikan bantuan lebih dari 30 rumah KK Prasejahtera di Kota Padang Panjang.

FPL mengucapkan ribuan terima kasih atas kerjasama dan donasi yang disumbangkan donatur untuk menyukseskan gerakan literasi di Kota Literasi Padang Panjang.

Bagi masyarakat yang ingin mewakafkan buku, paket buku dapat diantar langsung atau diposkan ke alamat Sekretariat FPL d/a perpustakaan daerah kota Padang Panjang. Sementara donasi uang bisa ditransfer ke no rek 5550-01-004423-53-1 (BRI a/n Nur Halimah). Contact person di nmr WA 0812 7648 3740.

(R)

Related posts

Leave a Comment

8 + fourteen =