Berita 

AYH Menjadi Juri Lomba Puisi Nasional Tingkat SMA

Litera- Sastrawan Ahmadun Yosi Herfanda (AYH) akan menjadi juri lomba baca puisi tingkat nasional untuk SMA dalam suatu ajang pencarian bakat dari suatu event yang dikenal FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) yang diadakan oleh Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah . kontes ini diikuti para siswa SMA se-Indonesia. Mereka adalah para pelajar yang telah berhasil menjadi pemenang dari masing-masing provinsi.

FLS2N tingkat nasional untuk SMA tahun 2016 akan diadakan di Manado, Sulawesi Utara mulai Senin-Kamis, 29 Agustus hingga 1 September. Event ini merupakan rangkaian dari lomba jenjang di bawahnya. Para peserta lomba tingkat nasional adalah perwakilan tingkat provinsi sementara pemenang lomba tingkat provinsi berasal dari lomba FLS2N tingkat kota atau kabupaten.

Ada beberapa cabang lomba yang diadakan di FLS2N tingkat nasional ini, salah satunya adalah lomba baca puisi. AYH akan menjadi juri lomba baca puisi untuk tingkat SMA. Dalam wawancaranya dengan Litera sebelum keberangkatan ke Manado, penyair yang terkenal di dunia sastra Indonesia dengan karyanya yang monumental Sembahyang Rumputan tersebut mengatakan jika ia akan menjadi juri bersama dua sastrawan nusantara lainnya, Acep Zamzam Nur, penyair Tasik Malaya dan Sunu Wasono, pengajar sastra dari Universitas Indonesia (UI).

“Setelah dari Manado, saya akan berangkat ke Kuala Lumpur untuk menjadi pembicara seminar dan pembaca puisi di Forum Penyair ASEAN yang digelar pada tanggal 3 September,” tambah AYH. Penyair kelahiran Kendal tersebut memang sering diminta menjadi pembicara atau juri di event-event sastra di tanah air dan beberapa negara tetangga. Tahun 2015 lalu, AYH mendapat penghargaan dari Thailand atas dedikasinya pada pengembangan sastra, pada saat bersamaan AYH juga mendapat penghargaan dari pemerintah kota Tangsel atas kategori sastrawan Tangerang Selatan yang berkiprah di tingkat nasional. (Mahrus Prihany)

Related posts

Leave a Comment

sixteen + 17 =