Sastrawan dan Pelajar Adakan Kegiatan “Merawat Sastra”

Muria Kudus

Kudus (Litera.co.id)- Pada putaran atau edisi ketujuh kegiatan Merawat Sastra Lereng Muria dimeriahkan oleh beberapa penyair di antaranya; Asa Jatmiko (Kudus), Arif Khliwa (Pati), Asyari Muhammad (Jepara), Aloeth Pathi (Pati), Saliem Sabendino (Kudus), Bambang Kencuz (Kudus) dan beberapa penyair lainya. Putaran kali ini bertempat di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at 27 Oktober 2017 diikuti oleh ratusan siswa bersama guru dan penyair berlangsung kurang lebih selama tiga jam dengan rangkaian pembacaan puisi bersama serta diskusi tentang puisi.

Sebagaimana dilaporkan oleh Saliem Sabendino pada Litera, kegiatan Merawat Sastra Lereng Muria yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mejobo ini berkenaan dengan peringatan HUT ke 5 OASIS SCHOOL MAGAZINE (ekstra jurnalistik di SMAN 1 Mejobo Kudus) dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Mejobo Nur Afifuddin, S. Pd. M. Pd. Dalam Sambutanya Kepala Sekolah menyatakan sangat berterimakasih kepada para penyair yang hadir dan member apresiasi yang tinggi kegiatan ini serta berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat dilangsungkan secara terus menerus agar dapat meningkatkan minat serta kreativitas generasi muda terutama dalam bidang sastra. Pada kesempatan inipun kepala sekolah turut ambil bagian membacakan puisi bersama puluhan siswa dan guru yang membaca puisi secara berurutan sebelum acara diskusi berlangsung.

Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Ayu Puspitowati para penyair memfokuskan pembahasan tentang metode pembacaan, pemahaman serta penulisan puisi berdasarkan pengalaman kreatif yang dialami oleh para penyair. Dan sebagai penutup acara para penyair yang hadir menutup acara dengan pembacaan puisi secara bergantian.

Pada kesempatan kali ini Nampak hadir juga beberapa pegiat seni lainya diantaranya; Imam Bucah (Perupa/pati), Ochenk Pati (Fotographer) Rosidi (Penulis). Pada sesi diskusi Imam Bucah Juga turut ambil bagian untuk memberikan motivasi kepada ratusan siswa yang hadir untuk menulis terutama sastra. Menurut Imam, bahwa sastra sangat berguna sekali bagi kehidupan terutama dalam proses kontemplasi seseorang sekaligus untuk menaikan martabat seseorang.

(MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *