PDS HB. Jassin Capai Usia 40

PDS

Litera.co.id (Jakarta)- Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB. Jassin telah mencapai usia yang ke-40 hari ini, Selasa (30/5). Pusat dokumentasi sastra terlengkap di Indonesia yang telah didirikan kritikus sastra yang bergelar Paus Sastra Indonesia HB. Jassin ini tetap terawat rapi di salah satu bangunan yang terletak di salah satu pusat kesenian di Indonesia, Taman Ismail Marzuki (TIM) yang berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat.

Sejumlah sastrawan Indonesia menyampaikan ucapan selamatnya pada Ariany Isnamurti yang kini menjadi penjaga dan pengurus PDS ini. Ariany Isnamurty kini dipercaya dan penanggungjawab pusat dokumentasi yang sering juga digunakan untuk menggelar diskusi, event sastra, ruang kreativitas bahkan tempat bercengkerama yang nyaman bagi para sastrawan.

Ucapan selamat yang disampaikan melalui media WA dalam sebuah grup bernama “ruang sastra” berasal dari Gunoto Sapari, Irman syah, Mustafa Ismail, Kazzaini KS, Muhammad Arfani, Kunni Masrohanti, Rini Intama, Asrizal Nur, Maman S. Mahayana dan masih banyak lagi dari sastrawan nusantara.

“Orang-orang hebat, jujur, dan kerja dengan penuh ikhlas mbak Rini, Nel, Rita, Endo, dan segenap karyawan PDS. Selamat dan salut atas dedikasi dan pengabdiannya pada sastra Indonesia. Di tengah kondisi keuangan yang selalu kurang dan memprihatinkan, kalian masih tetap setia menjalankan pesan pak Jassin,” ungkap Maman S. Mahayana melalui kiriman di grup WA “ruang sastra.” Maman juga mengungkapkan jika PDS HB. Jassin baginya adalah kampusnya yang kedua. Akademisi UI tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya karena ia bisa menjadi bagian perjalanan PDS. Ia juga menyebut beberapa nama sastrawan yang ia anggap guru seperti Ajip Rosidi, Titis Basino, Etti Rujiati, dan Jassin sendiri.

Ucapan selamat dari sastrawan tersebut ditanggapi dengan hangat oleh Ariany Isnamurti.

“Terima kasih pada semua. PDS tak berarti apa-apa tanpa dukungan dan perhatian dari semua pribadi dan komunitas sastra. Sukses semua. Salam literasi,” respon Ariany. (Mahrus Prihany)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *